Politik Kacau, Putri Cantik Thaksin Shinawatra Diusung Jadi PM Thailand

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 09:57 WIB
loading...
A A A
Partai Pheu Thai telah menanggung beban kekacauan, dengan dua pemerintahan Shinawatra digulingkan dalam kudeta dalam pertikaian dendam yang telah berlangsung lama yang dimulai ketika mantan raja telekomunikasi Thaksin mencoba untuk menggulingkan jaringan patronase yang mapan, membuat marah para elite dengan koneksi yang luas.

Ketidakpastian tentang pergolakan politik dapat menambah tekanan pada ekonomi yang berkinerja buruk yang diharapkan Srettha untuk dihidupkan kembali dengan serangkaian langkah stimulus, beberapa di antaranya sekarang dapat dipertanyakan, termasuk rencananya yang dibanggakan untuk memberikan bantuan 10.000 baht (USD285) kepada 50 juta orang.

Asalkan aliansi 11 partai tetap utuh, Paetongtarn seharusnya tidak mengalami kesulitan dalam memenangkan suara di Parlemen tempat koalisi tersebut memegang 314 kursi, hampir dua pertiga dari 493 anggota Parlemen saat ini.

Persetujuan lebih dari separuh anggota dewan diperlukan untuk menjadi PM.

Jika terpilih, Paetongtarn menghadapi banyak tantangan yang harus diatasi, termasuk asumsi bahwa dia akan menjadi boneka Thaksin, yang klaimnya telah pensiun dari politik sejak kepulangannya setelah 15 tahun di luar negeri tidak didengarkan.

Sebagai indikator pengaruhnya yang besar, diskusi pada Rabu malam antara mitra koalisi berlangsung di kediaman Thaksin, dengan media menayangkan gambar langsung para pemimpin yang tiba.

Pertaruhan terhadap Paetongtarn yang masih pemula terjadi pada saat yang sensitif dalam politik Thailand, ketika dinasti Shinawatra mempertaruhkan jenis reaksi keras yang mendorong ayah dan bibinya Yingluck Shinawatra mengasingkan diri.

"Dia akan terbuka terhadap serangan," kata Titipol Phakdeewanich, seorang ilmuwan politik di Universitas Ubon Ratchathani.

"Risiko bagi Paetongtarn lebih tinggi. Jika Pheu Thai tidak dapat memberikan apa pun, maka itu bisa menjadi akhir bagi keluarga Shinawatra dalam dunia politik."
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)