TNI AL Terhebat Keempat Dunia, Nomor 2 di Asia setelah China

Kamis, 15 Agustus 2024 - 20:59 WIB
loading...
TNI AL Terhebat Keempat...
Dua Kapal perang TNI AL yakni, KRI Clurit-641 dan KRI Kujang 642 sukses menembakan rudal C-705 dan berhasil mengenai sasaran di perairan Natuna. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Angkatan Laut Indonesia menempati peringkat terbaik keempat di dunia dan nomor 2 di Asia setelah China.

Peringkat itu berdasarkan rangking tahunan World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) atau Direktori Dunia Kapal Perang Militer Modern.

Posisi Indonesia hanya berada di bawah Amerika Serikat (AS), China dan Rusia di peringkat dunia. Adapun di Asia, Indonesia hanya berada di bawah China.

Rangking tahunan WDMMW dihitung dengan mempertimbangkan total kekuatan tempur berbagai angkatan laut di dunia.

Formula itu menghasilkan True Value Rating (TvR) yang membantu memisahkan setiap kekuatan berdasarkan, tidak hanya total kekuatan, tapi modernisasi, dukungan logistik, kemampuan serangan dan pertahanan dan lain sebagainya.

Dengan cara ini, kekuatan tidak hanya dinilai berdasarkan total kuantitas kapal perang dan kapal selam, tapi lebih pada gabungan kualitas dan cadangan umum.

Lebih dari itu adalah fokus pada kemampuan galangan kapal lokal, keseimbangan cadangan yakni percampuran umum berbagai jenis, dan pengalaman pasukan.

Skor TvR tertinggi adalah 323,9 yang saat ini dimiliki Angkatan Laut Amerika Serikat (USN).

“Ini karena USN memiliki campuran beragam jenis kapal perang dan kapal selam, serta keseimbangan kekuatan pada seluruh jumlah kuantitas, unggul dengan armada kapal induknya,” ungkap pernyataan WDMMW.

Banyak dari produk USN bersumber lokal karena besarnya basis industri Amerika Serikat (AS).AS tercatat memiliki 243 unit armada di Angkatan Lautnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)