5 Negara Penyumbang Terbesar Senjata Israel untuk Bantai Rakyat Palestina, Nomor 1 Sekutu Seumur Hidup

Rabu, 11 September 2024 - 15:15 WIB
loading...
5 Negara Penyumbang...
Orang-orang mengikuti aksi bela Palestina di Toronto, Kanada, pada Sabtu, 7 September 2024. Foto/Doug Ives/The Canadian Press/AP
A A A
TEL AVIV - Israel memperoleh sebagian besar persenjataan dalam perangnya di Gaza dari negara-negara lain. Mayoritas didapat dari sekutu setianya, Amerika Serikat.

Kampanye militer di Gaza telah menunjukan ketidakmampuan Israel untuk berdiri sendiri. Buktinya bisa dilihat dari ketergantungan mereka terhadap bantuan senjata dari negara-negara sekutunya di Barat.

Ironisnya, bantuan senjata itu telah dipakai Israel untuk membunuh banyak warga Palestina di Gaza. Tak hanya itu, mereka juga menggunakannya untuk menghancurkan wilayah kantong yang terkepung dengan dalih mencari keberadaan serdadu Hamas.

Lalu, siapa sebenarnya negara penyumbang terbesar senjata Israel untuk membantai warga Gaza? Berikut ini ulasannya.

Negara Penyumbang Terbesar Senjata Israel untuk Bantai Rakyat Palestina

1. Amerika Serikat


Amerika Serikat bertengger di urutan teratas sebagai penyumbang senjata terbesar bagi Israel. Hal ini sebenarnya tidak mengejutkan mengingat hubungan dekat keduanya.

Menurut laporan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), Amerika Serikat adalah pemasok senjata utama Israel. Mereka setidaknya menyediakan 69% impor senjata konvensional Tel Aviv untuk periode 2019-2023.

Senada dengan data tersebut, Foundation for Defence of Democracies (FDD) menyebut bantuan itu mencakup berbagai macam senjata dan amunisi berbeda. Sebut saja dari alat pertahanan udara, amunisi berpemandu presisi (PGM), peluru artileri, peluru tank hingga senjata ringan.

Pengiriman lainnya termasuk peluru artileri 155mm, rudal Hellfire, amunisi 30mm, dan peluru tank 120mm. Lalu, ada juga senjata dan peralatan kecil seperti perangkat penglihatan malam PVS-14 serta Bunker Defeat Munitions.

2. Jerman


Masih dari laporan SIPRI, Jerman bertengger di urutan kedua sebagai penyumbang terbesar kedua senjata Israel. Berlin setidaknya memasok 30% impor senjata Tel Aviv.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0976 seconds (0.1#10.140)