Intelijen Zionis: Iran Bakal Serang Langsung Israel dalam Beberapa Hari Ini

Senin, 12 Agustus 2024 - 07:13 WIB
loading...
Intelijen Zionis: Iran...
Penilaian intelijen Zionis menyatakan Iran bakal nekat serang langsung Israel dalam beberapa hari ini. Foto/IRGC via Iran International
A A A
TEL AVIV - Penilaian intelijen terbaruZionis menyatakan Iran telah memutuskan untuk melancarkan serangan langsung ke Israel dalam beberapa hari.

Laporan intelijen Zionis itu dikutip Axios pada hari Minggu.

"Ini adalah perubahan dari penilaian beberapa hari terakhir, yang menunjukkan bahwa tekanan internasional terhadap Iran menahannya untuk melakukan serangan langsung terhadap Israel," tulis Axios dalam laporannya yang dilansir Al Arabiya, Senin (12/8/2024).

Laporan media Barat dan Timur Tengah sebelumnya menyatakan Teheran mungkin mempertimbangkan kembali rencana menyerang Israel. Ada juga laporan bahwa Iran berpikir dua kali untuk menjalankan rencananya, menyusul tekanan dari pemerintah Presiden Amerika Serikat Joe Biden.



Seperti diketahui, Iran telah mengancam akan menyerang negara Yahudi itu sebagai pembalasan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada 31 Juli di Teheran.

Rezim Zionis tidak mengaku maupun menyangkal keterlibatannya dalam pembunuhan Haniyeh. Namun, Washington Post telah melaporkan bahwa pemerintah Israel memberitahu pembunuhan itu kepada Washington setelah kejadian, yang membuat Gedung Putih marah.

Lembaga penyiaran publik Israel, Kann News, melaporkan pada hari Minggu bahwa pemahaman yang berlaku dalam lembaga keamanan Israel adalah bahwa Iran "bertekad untuk segera melancarkan serangan."

Sementara waktu serangan itu belum jelas, laporan Axios mengatakan itu mungkin terjadi sebelum 15 Agustus, ketika pembicaraan seharusnya diadakan antara Hamas dan Israel mengenai gencatan senjata dan pembebasan sandera.

Namun, Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu bahwa mereka menolak untuk berpartisipasi dalam negosiasi kesepakatan pembebasan sandera pada 15 Agustus.

"Pernyataan Hamas adalah langkah taktis menjelang kemungkinan serangan oleh Iran dan Hizbullah dan dalam upaya untuk mendapatkan persyaratan yang lebih baik untuk kesepakatan tersebut," kata seorang pejabat Israel kepada Axios.

"Jika Hamas tidak mau berunding, kami akan terus menghancurkan pasukan mereka di Gaza."

Hizbullah Serang Duluan, Disusul Iran


Yang menambah ketegangan adalah keterlibatan Hizbullah, proksi Iran di Lebanon.

Menurut laporan CNN, intelijen Israel percaya bahwa Hizbullah mungkin akan melancarkan serangan terhadap Israel paling cepat pada tanggal 12 Agustus, dengan Iran mungkin akan menindaklanjutinya dengan gelombang serangan kedua segera setelahnya.



Meskipun menderita kerugian besar dalam konflik yang sedang berlangsung, termasuk hampir 400 milisi dan komandan yang tewas oleh serangan Israel, Hizbullah tidak menunjukkan tanda-tanda akan mundur.

Faktanya, kelompok yang komandan militer seniornya Fuad al-Shukr baru-baru ini dibunuh oleh tentara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) hanya mengintensifkan serangannya di Israel utara, memperluas daftar targetnya hingga mencakup kota-kota yang sebelumnya tidak diserang.

Begini Kesiapan Israel


Dalam pernyataan publik yang tidak biasa, IDF mengklarifikasi bahwa meskipun ada laporan terbaru mengenai rencana serangan Iran, tidak ada perubahan dalam arahan dari Komando Front Dalam Negeri.

Namun, IDF dan lembaga keamanan lainnya tetap waspada tinggi, memantau dengan cermat perkembangan di Iran dan Hizbullah.

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, berbicara kepada pasukan IDF yang baru, mengeluarkan peringatan keras pada hari Minggu: "Siapa pun yang akan menyakiti kita dengan cara yang belum pernah dilakukannya di masa lalu, juga kemungkinan akan diserang oleh kita dengan cara yang belum pernah kita lakukan di masa lalu. Ini adalah hal-hal yang tidak kita inginkan tetapi kita perlu bersiap untuk itu, dan itu mungkin terjadi."

Meskipun ada peringatan dan upaya diplomatik yang terus-menerus untuk meredakan situasi, Iran tampaknya bertekad untuk terus maju dengan rencananya.

Menurut laporan Iran International, Presiden Masoud Pezeshkian baru-baru ini bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei untuk memohon agar tidak melakukan tindakan militer langsung terhadap Israel, dengan peringatan akan adanya pembalasan dahsyat yang dapat melumpuhkan ekonomi Iran yang sudah rapuh.

Namun, Khamenei tampaknya tidak gentar, dengan mengisyaratkan kesediaan untuk mengambil risiko keruntuhan ekonomi dan potensi kejatuhan dalam mengejar agenda regionalnya.

Perkembangan terbaru ini menandai pergeseran berbahaya dari perang bayangan yang telah menjadi ciri hubungan Iran-Israel selama bertahun-tahun menjadi konfrontasi terbuka.

Pada malam 13 April, Iran melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, mengerahkan lebih dari 300 rudal jelajah dan balistik, bersama dengan pesawat nirawak; namun, hampir semuanya dicegat oleh koalisi pimpinan AS.

Respons Israel cepat dan tegas, dengan menargetkan pangkalan militer di Isfahan pada 19 April, sebuah demonstrasi jelas atas kemampuan dan kemauannya untuk membalas agresi Iran.

Namun, penilaian komunitas intelijen Israel mengonfirmasi ancaman pejabat militer Iran bahwa serangan baru Teheran akan "lebih keras" daripada serangan April lalu.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)