Serangan Ukraina Menggila di Kursk, Rusia Evakuasi 76.000 Warganya

Minggu, 11 Agustus 2024 - 09:22 WIB
loading...
Serangan Ukraina Menggila...
Serangan besar Ukraina telah menggila di wilayah Kursk, Rusia, dalam sepekan terakhir. Foto/Izvestia/IZ.RU
A A A
MOSKOW - Serangan besar Ukraina telah menggila di wilayah Kursk, Rusia, dalam sepekan terakhir. Moskow bahkan terpaksa mengevakuasi lebih dari 76.000 warganya dari wilayah perbatasan tersebut.

Serangan besar Kyiv di Kursk telah memasuki hari kelima pada hari Sabtu. Moskow memperingatkan bahwa pertempuran di wilayah tersebut bisa membahayakan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN).

Unit Ukraina menyerbu wilayah Kursk, barat Rusia, sejak Selasa pagi dalam serangan mendadak, serangan lintas perbatasan terbesar dan tersukses dalam konflik dua setengah tahun.

Pasukannya telah maju beberapa kilometer dan pasukan Rusia telah bergegas membawa tentara cadangan dan peralatan tambahan—meskipun tidak ada pihak yang memberikan rincian pasti tentang pasukan yang telah mereka kerahkan.



Kyiv telah mempertahankan kerahasiaan operasional yang ketat mengenai serangan tersebut dan belum secara terbuka mengonfirmasi bahwa mereka berada di balik serangan di Kursk.

Badan nuklir Rusia pada hari Sabtu memperingatkan tentang ancaman langsung terhadap stasiun tenaga nuklir Kursk di dekatnya, dan pejabat setempat merinci skala evakuasi warga sipil dari kota-kota dan desa-desa yang dekat dengan zona pertempuran.

"Lebih dari 76.000 orang telah direlokasi sementara ke tempat-tempat yang aman," tulis kantor berita milik pemerintah Rusia, TASS, mengutip seorang pejabat dari kementerian situasi darurat regional, yang dilansir Minggu (11/8/2024).

Bantuan darurat telah diangkut ke daerah perbatasan dan kereta tambahan ke Ibu Kota Rusia; Moskow, telah disiapkan bagi orang-orang yang melarikan diri dari pertempuran.

"Perang telah mendatangi kita," kata seorang wanita kepada AFP setelah tiba di stasiun kereta Moskow pada hari Jumat, menolak menyebutkan namanya.

Militer Rusia pada hari Sabtu mengonfirmasi bahwa mereka masih memerangi serangan Ukraina untuk hari kelima.

Disebutkan oleh Moskow bahwa pasukan Kyiv awalnya melintasi perbatasan dengan sekitar 1.000 tentara, sekitar 20 kendaraan lapis baja, dan 11 tank, meskipun pada hari Sabtu mengeklaim telah menghancurkan lima kali lipat perangkat keras militer sejauh ini.


Serangan Ukraina Belum Pernah Terjadi Sebelumnya


Komite antiterorisme nasional Rusia mengatakan pada Jumat malam bahwa mereka memulai operasi kontrateror di wilayah Belgorod, Bryansk, dan Kursk untuk memastikan keselamatan warga dan menekan ancaman aksi “teroris” yang dilakukan oleh kelompok sabotase musuh.



Wilayah Belgorod dan Bryansk juga berbatasan dengan Ukraina dan juga telah dilanda penembakan dan serangan udara sejak Rusia melancarkan serangannya pada Februari 2022.

Pasukan keamanan dan militer diberi kewenangan darurat yang luas selama operasi "kontrateror".

Pergerakan dibatasi, kendaraan dapat disita, panggilan telepon dapat dipantau, area dinyatakan sebagai zona terlarang, pos pemeriksaan diperkenalkan, dan keamanan ditingkatkan di lokasi infrastruktur utama.

Di jalan-jalan Moskow pada hari Sabtu, wartawan AFP menemukan dukungan untuk tindakan keras guna meredam respons, bersama dengan kemarahan atas bagaimana penyerbuan itu dibiarkan terjadi.

"Kita harus mengambil semua langkah yang mungkin dalam situasi seperti itu," kata Alexander Ilyin, seorang arsitek berusia 42 tahun.

Komite antiterorisme Rusia mengatakan; “Ukraina telah melancarkan upaya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengacaukan situasi di sejumlah wilayah negara kita."

Rusia, pada hari Jumat, tampaknya membalas, meluncurkan serangan rudal ke sebuah supermarket di kota Kostyantynivka di Ukraina timur yang menewaskan sedikitnya 14 orang. Tiga orang tewas di wilayah Kharkiv timur laut pada hari Sabtu, kata pejabat setempat.

Ukraina juga mengatakan perlu mengevakuasi 20.000 orang dari wilayah Sumy, tepat di seberang perbatasan dari Kursk.

Tidak ada pihak yang memberikan rincian pasti tentang sejauh mana penyerbuan Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Sabtu mengatakan pasukan Moskow telah menyerang beberapa posisi Ukraina sejauh 10 kilometer (enam mil) dari perbatasan.

Mereka juga melaporkan telah menyerang pasukan Ukraina di daerah yang berjarak 30 kilometer—sebuah indikasi mengenai luas dan dalamnya kemajuan Ukraina.

Institut Studi Perang yang berbasis di Amerika Serikat pada hari Sabtu mengatakan mereka yakin pasukan Ukraina telah menembus sekitar 13 kilometer ke wilayah Rusia.

Belarusia, sekutu dekat Rusia, pada hari Sabtu memerintahkan bala bantuan militer—pasukan darat, unit udara, pertahanan udara dan sistem roket—untuk dikerahkan lebih dekat ke perbatasannya dengan Ukraina sebagai tanggapan atas serangan Kyiv, kata Kementerian Pertahanan di Minsk.

Situs Nuklir Rusia dalam Bahaya


Moskow juga memperingatkan tentang ancaman terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir Kursk, kurang dari 50 kilometer (30 mil) dari pertempuran, sehari setelah kepala Badan Energi Atom Internasional menyerukan “pengekangan maksimum.”

“Tindakan tentara Ukraina menimbulkan ancaman langsung terhadap pabrik [nuklir] Kursk di Rusia barat,” tulis TASS, mengutip pernyataan badan energi atom Rusia; Rosatom.

Para pemimpin Ukraina tetap bungkam mengenai operasi Kyiv di Kursk.

Amerika Serikat, sekutu terdekat Kyiv, mengatakan tidak diberitahu tentang rencana tersebut sebelumnya.

Namun Presiden Volodymyr Zelensky tampaknya memuji keberhasilan awal pasukannya dalam beberapa pernyataan samar yang tidak secara eksplisit menyebutkan serangan Kursk.

Di tempat lain di garis depan, Ukraina pada hari Sabtu melaporkan jumlah pertempuran terendah di wilayahnya sejak 10 Juni.

Itu bisa menjadi tanda yang mungkin bahwa serangannya membantu meredakan tekanan di bagian lain dari garis depan yang luas tempat pasukan Moskow telah maju.
(mas)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0800 seconds (0.1#10.140)