Iran Mungkin Pikir Ulang untuk Serangan Balas Dendam Terhadap Israel

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 07:47 WIB
loading...
Iran Mungkin Pikir Ulang...
Iran mungkin pikir ulang untuk rencananya melakukan serangan balas dendam terhadap Israel. Foto/EPA
A A A
TEL AVIV - Iran mungkin mempertimbangkan kembali rencananya untuk melakukan serangan multi-cabang terhadap Israel sebagai balas dendam atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh.

Analisa itu disampaikan para pejabat senior Amerika Serikat (AS), yang dikutip Politico, Jumat (9/8/2024).

Haniyeh dibunuh di Teheran pada Rabu (31/7/2024) dini hari, beberapa jam setelah menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Setelah insiden itu, Iran berjanji untuk memberikan "hukuman keras" kepada Israel, yang tidak membantah atau pun mengakui peran apa pun dalam pembunuhan itu.



Washington memperkirakan serangan rudal dan pesawat tak berawak skala besar terhadap negara Yahudi itu akan segera terjadi, tetapi serangan semacam itu sejauh ini belum terwujud.

Laporan Politico menyebutkan bahwa alasan Iran tak kunjung serang Israel adalah upaya diplomatik oleh pemerintahan Presiden AS Joe Biden—yang telah terlibat dalam diplomasi yang intens dalam beberapa hari terakhir untuk memastikan bahwa sekutu Amerika di Timur Tengah melobi Teheran untuk mempertimbangkan kembali rencananya menyerang Israel.

Menurut dua pejabat senior AS Washington memperingatkan Teheran melalui perantara: "Serangan besar-besaran hanya akan mengobarkan ketegangan dan berisiko menimbulkan konfrontasi langsung antara kedua negara."

Pihak berwenang Iran awalnya menolak argumen AS bahwa pembunuhan Haniyeh tidak memerlukan respons skala besar karena disebabkan oleh bom yang ditanam dalam operasi rahasia, dan bukan bagian dari serangan yang lebih besar terhadap Iran, kata sumber-sumber AS tersebut.

Namun, lanjut mereka, sekarang Teheran semakin setuju dengan interpretasi peristiwa tersebut.

Argumen lain yang digunakan oleh Washington adalah fakta bahwa tidak ada warga negara Iran yang tewas dalam serangan terhadap Haniyeh, imbuh para pejabat AS.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)