Lawan Gerakan Rasis Sayap Kanan, Ribuan Umat Islam Inggris Turun ke Jalan

Kamis, 08 Agustus 2024 - 15:30 WIB
loading...
A A A
Harapan itu dipicu oleh daftar target yang ditemukan di media sosial. Lowles, berbicara sebelum malam ini mengatakan: "Saya pikir itu tipuan, yang dirancang untuk menyebarkan ketakutan dan kepanikan.

"Daftar itu telah disusun oleh seorang pria di Liverpool, yang hanya mencari firma hukum imigrasi. Tidak ada yang mengorganisir protes lokal dan sangat, sangat sedikit obrolan tentangnya di forum dan grup WhatsApp yang telah menjadi kunci selama seminggu terakhir."

Polisi memperkirakan beberapa hari ke depan akan relatif tenang dan lebih banyak yang disebut protes diperkirakan akhir pekan ini.

Sekitar 15 demonstrasi di seluruh Inggris dan Wales diketahui oleh polisi, sebagian besar melibatkan pengunjuk rasa tandingan. Diyakini beberapa pertemuan yang dipimpin oleh kelompok sayap kanan tengah berlangsung, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil dari yang diharapkan.

Sebelumnya, Sir Mark Rowley, kepala kepolisian Metropolitan, mengatakan ancaman terhadap pengacara imigrasi menjadi "inti dari perencanaan kami malam ini", seraya menambahkan: "Kami tidak akan membiarkan sistem suaka imigrasi terintimidasi."

Direktur penuntutan umum, Stephen Parkinson, menambahkan bahwa publikasi target dapat dianggap sebagai pelanggaran terorisme karena ia mengungkapkan bahwa satu kasus dugaan terorisme "sedang dipertimbangkan secara aktif" menyusul kerusuhan di Inggris dan Irlandia Utara pada minggu lalu.

Kepala kontraterorisme Inggris, asisten komisaris Matt Jukes, juga mengonfirmasi untuk pertama kalinya bahwa detektif kontraterorisme sedang menyelidiki beberapa kekerasan yang meletus setelah pembunuhan tiga gadis muda di kelas dansa yang terinspirasi Taylor Swift di Southport Senin lalu.

The Guardian memahami bahwa polisi antiterorisme tertarik pada dugaan upaya pembakaran masjid di dekat lokasi kekejaman, hanya 36 jam setelah Bebe King, enam tahun, Elsie Dot Stancombe, tujuh tahun, dan Alice Dasilva Aguiar, sembilan tahun tewas. Mereka juga menyelidiki upaya pembakaran hotel Rotherham yang menampung lebih dari 200 pencari suaka pada hari Minggu.

Beberapa bagian Inggris ditutup secara efektif pada hari Rabu dengan toko-toko ditutup di pusat kota Manchester, Jewellery Quarter di Birmingham, pusat kota Aldershot, dan Westcliff-on-Sea di Essex menjelang protes yang dikabarkan. Kasus-kasus yang disidangkan di pengadilan imigrasi juga dibatalkan pada hari Rabu menyusul kekhawatiran bahwa agitator sayap kanan dapat menargetkan gedung tersebut. Staf, pengacara, dan penggugat di Pusat Persidangan Pengadilan Hatton Cross, dekat Bandara Heathrow, diperintahkan untuk pergi sekitar waktu makan siang. Beberapa sidang tidak dapat diselesaikan.

Mereka yang berada di dalam gedung pengadilan diberitahu bahwa ada aktivitas sayap kanan di area tersebut. Sumber Whitehall mengatakan keputusan untuk meninggalkan pengadilan tersebut adalah tindakan pencegahan. Diketahui bahwa pengadilan imigrasi lainnya juga telah ditutup lebih awal karena kekhawatiran akan kekerasan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1192 seconds (0.1#10.140)