Bagaimana Revolusi Gen Z Pertama di Dunia yang Sukses Menggulingkan Diktator Bangladesh?

Kamis, 08 Agustus 2024 - 20:20 WIB
loading...
Bagaimana Revolusi Gen...
Revolusi Gen Z pertama di dunia yang sukses menggulingkan diktator Bangladesh. Foto/EPA
A A A
DHAKA - Di dalam Bangladesh , hal itu dijuluki sebagai revolusi Gen Z – sebuah gerakan protes yang mempertemukan sebagian besar demonstran mahasiswa muda melawan seorang pemimpin berusia 76 tahun, Sheikh Hasina, yang telah mendominasi negaranya selama beberapa dekade dan berubah semakin otoriter dalam beberapa tahun terakhir.

Ada kegembiraan di jalan-jalan ibu kota Bangladesh, Dhaka, pada hari Senin setelah Perdana Menteri Sheikh Hasina mengundurkan diri dan meninggalkan negara itu dengan helikopter setelah berminggu-minggu kerusuhan antipemerintah yang mematikan.

Pengunduran diri Hasina yang tiba-tiba mengakhiri 15 tahun kekuasaan yang ditandai dengan pengekangan kebebasan sipil dan penggunaan pasukan keamanan secara sewenang-wenang untuk menghancurkan perbedaan pendapat.

Pemerintah sementara yang dipimpin oleh peraih Nobel Perdamaian Muhammad Yunus sekarang akan memimpin negara tersebut atas permintaan para pemimpin protes mahasiswa. Sementara itu, partai oposisi utama negara tersebut telah menawarkan dukungan penuhnya kepada para pengunjuk rasa mahasiswa.

Bagaimana Revolusi Gen Z Pertama di Dunia yang Sukses Menggulingkan Diktator Bangladesh

1. Berawal dari Kuota Pegawai Negeri

Bagaimana Revolusi Gen Z Pertama di Dunia yang Sukses Menggulingkan Diktator Bangladesh?

Foto/EPA

Apa yang dimulai sebagai protes damai oleh para mahasiswa terhadap kuota pekerjaan pegawai negeri berubah menjadi dorongan nasional untuk memaksa Hasina mundur setelah para demonstran menghadapi tindakan keras pemerintah yang menewaskan sekitar 300 orang, menurut media dan kantor berita setempat.

Hasina menyalahkan oposisi atas kekerasan tersebut dan memberlakukan pemblokiran internet serta jam malam tanpa batas di seluruh negeri.

Tanggapannya semakin menyulut amarah para pengunjuk rasa dan, pada akhirnya, kepala pemerintahan perempuan terlama di dunia itu harus segera melarikan diri dari negara itu bersama saudara perempuannya ke India sebelum massa menyerbu kediaman resminya, menghancurkan tembok, dan menjarah isinya.

Mengapa orang Bangladesh turun ke jalan? Para mahasiswa mulai berunjuk rasa pada tanggal 1 Juli di Universitas Dhaka yang bergengsi, menuntut diakhirinya sistem kuota pemerintah, yang menyediakan 30% jabatan pegawai negeri untuk keluarga veteran yang berjuang dalam perang kemerdekaan Bangladesh dari Pakistan pada tahun 1971.

Banyak elite politik kontemporer negara tersebut terkait dengan generasi tersebut – termasuk Hasina, putri Sheikh Mujibur Rahman, pendiri Bangladesh modern yang sangat dihormati yang dibunuh pada tahun 1975.

Jabatan yang disediakan dikaitkan dengan keamanan kerja dan gaji yang lebih tinggi, dan para pengunjuk rasa mengatakan sistem kuota tersebut diskriminatif dan menguntungkan pendukung partai Liga Awami yang berkuasa milik Hasina.

2. Tingkat Pengangguran yang Tinggi

Bagaimana Revolusi Gen Z Pertama di Dunia yang Sukses Menggulingkan Diktator Bangladesh?

Foto/EPA
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)