Pinjaman China Semakin Menjebak Ekonomi Pakistan

Senin, 05 Agustus 2024 - 16:05 WIB
loading...
Pinjaman China Semakin...
Utang Pakistan kepada China sangat besar, dan itu dinilai bisa menghancurkan ekonomi negara Asia Selatan tersebut. Foto/Pakistan Today
A A A
ISLAMABAD - Setelah Pakistan yang kekurangan uang mengamankan paket talangan baru senilai USD7 miliar dari Dana Moneter Internasional (IMF) bulan Juli, Islamabad memulai pembicaraan dengan Beijing untuk merestrukturisasi profil utang China senilai miliaran dolar.

Hal itu dilakukan Pakistan dalam upaya mereka melakukan reformasi ekonomi.

Di atas meja terdapat proposal untuk menunda setidaknya USD16 miliar utang sektor energi ke China, bersamaan dengan perpanjangan jangka waktu fasilitas pinjaman tunai senilai USD4 miliar karena menipisnya cadangan devisa.

Pekan lalu, Menteri Keuangan Pakistan Muhammad Aurangzeb berada di Beijing untuk menyampaikan proposal tentang perpanjangan jatuh tempo utang untuk sembilan pembangkit listrik yang dibangun oleh perusahaan China di bawah Koridor Ekonomi Pakistan China (CPEC) senilai miliaran dolar.



Pada hari Jumat, Perdana Menteri (PM) Pakistan Shehbaz Sharif mengatakan di rapat kabinet federal bahwa dia telah menulis surat kepada pemerintah China yang meminta penyusunan kembali profil utang, menurut laporan surat kabar Dawn.

Reprofiling utang berbeda dengan restrukturisasi utang karena jumlahnya tidak dipotong, melainkan tanggal jatuh tempo pembayaran diperpanjang.

Mengutip dari DW pada Senin (5/8/2024), Islamabad berada di bawah tekanan besar untuk merundingkan kembali perjanjian mahal dengan produsen listrik, terutama perusahaan China, untuk menurunkan harga listrik.

Sejak CPEC ditandatangani pada 2015 dan menjadi salah satu komponen terbesar Inisiatif Sabuk dan Jalan (BRI) China, Beijing telah menggelontorkan miliaran dolar untuk mengembangkan infrastruktur di Pakistan.

Nilai proyek CPEC mencapai USD65 miliar, dengan tujuan utama membangun koneksi pengiriman barang China dari pelabuhan Gwadar di Laut Arab melewati perbatasan pegunungan ke wilayah Xinjiang, China.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)