Ingin Menghalau Drone dan Rudal Iran, Israel dan AS Minta Izin ke Yordania untuk Gunakan Wilayah Udara

Minggu, 04 Agustus 2024 - 22:10 WIB
loading...
Ingin Menghalau Drone...
AS dan Israel membujuk Yordania agar bisa menggunakan wilayah udaranya untuk menghalau rudal Iran. Foto/EPA
A A A
GAZA - Jenderal Michael Kurilla, komandan CENTCOM Amerika Serikat, membujuk Yordania untuk bisa menggunakan wilayah udaranya agar bisa menghancurkan drone Iran. Itu dilakukan sebagai antisipasi serangan dari Iran .

Kunjungan Kurilla ke wilayah tersebut, tempat ia berada sejak Sabtu, direncanakan sebelum perkembangan terkini yang memicu ancaman perang, tetapi ia sekarang diperkirakan akan menyusun koalisi pasukan yang sama yang membantu menggagalkan serangan langsung Iran sebelumnya terhadap Israel, menurut seorang pejabat AS.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Kurilla akan melakukan kunjungan ke beberapa negara Teluk, serta Yordania dan Israel. Secara khusus, AS ingin Yordania kembali mengizinkan jet AS dan Israel memasuki wilayah udaranya untuk mencegat pesawat nirawak Iran yang masuk.

Namun, laporan tersebut mengatakan Washington khawatir akan lebih sulit untuk mengamankan kerja sama yang sama dari negara-negara regional di tengah sentimen anti-Israel atas pembunuhan Haniyeh.

Pejabat AS yakin respons Iran akan serupa dengan serangan April, tetapi bisa lebih besar dan juga mencakup tembakan Hizbullah dari Lebanon.

Axios mencatat bahwa pejabat AS dan Israel mengatakan mereka tidak tahu apakah Hizbullah akan bergabung dengan serangan Iran atau membalas dendam dalam serangan terpisah. Para pejabat mengatakan bahwa Iran dan Hizbullah belum menyelesaikan persiapan serangan mereka atau mendapatkan persetujuan akhir di tingkat politik.

Pentagon dan CENTCOM tidak mengomentari laporan Axios.

Pada hari Jumat, AS mengatakan akan mengirim lebih banyak pesawat dan kapal perang ke wilayah tersebut untuk melawan kemungkinan serangan Iran.

Seorang pejabat AS mengatakan kepada Axios bahwa Washington berharap pengumuman itu dapat membantu menghalangi Iran dan Hizbullah dan sebagai hasilnya membuat mereka mengubah rencana serangan mereka.

Dalam laporannya, Ynet mengutip seorang pejabat keamanan Israel yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan bahwa intervensi oleh AS dan koalisi pertahanan yang coba dibangunnya telah berdampak nyata pada Iran dan rencana yang mereka rumuskan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)