Biro Desain Yakovlev Rusia Siap Kembangkan Lagi Jet Lepas Landas Vertikal yang Ditiru F-35B

Senin, 29 Juli 2024 - 16:11 WIB
loading...
Biro Desain Yakovlev...
Ilustrasi jet tempur program Yak-141 Rusia. Foto/updidi
A A A
MOSKOW - Biro desain yang berpusat di Moskow mengembangkan jet tempur pertama Uni Soviet yang mampu lepas landas dan mendarat vertikal (VTOL), Yak-38, pada tahun 1970-an.

Penerus Yak-38, program Yak-141, mencapai tahap pengembangan lanjutan, tetapi dibatalkan menjelang pembubaran Uni Soviet pada tahun 1991.

Perancang dan produsen pesawat Rusia Yakovlev siap melanjutkan pengembangan pesawat berkemampuan VTOL generasi kelima, jika diminta Kementerian Pertahanan, menurut direktur umum Yakovlev Andrei Boginsky kepada Sputnik.

"Perancang kami telah menjajaki prospek untuk menciptakan pesawat yang lebih canggih yang sesuai dengan level penerbangan tempur generasi kelima," ungkap Boginsky.

Dia menjelaskan, "Topik pesawat lepas landas dan mendarat vertikal dibekukan pada tahun 1990-an yang sulit, tetapi kami telah mempertahankan dasar ilmiah dan teknis untuk pengembangannya. Retensi pengetahuan ini, dikombinasikan dengan teknologi penerbangan baru, akan memungkinkan kita untuk segera kembali menciptakan pesawat lepas landas dan mendarat vertikal, jika Kementerian Pertahanan Rusia mempercayakan tugas ini kepada kita."

Boginsky menekankan Yakovlev adalah satu-satunya produsen pesawat militer Rusia yang memiliki pengalaman relevan dalam menciptakan pesawat VTOL.

Yakovlev mulai bereksperimen dengan teknologi VTOL pada tahun 1950-an, dengan upaya ini mengarah pada pengembangan Yak-36, demonstran teknologi VTOL.

Yak-36 melakukan penerbangan perdananya enam puluh tahun yang lalu, pada tanggal 27 Juli 1964 dalam mode penerbangan konvensional.

Dua bulan kemudian, pada tanggal 27 September 1964, pesawat tersebut melakukan hover pertamanya dan transisi ke penerbangan horizontal. Penerbangan profil penuh dengan lepas landas dan mendarat vertikal dilakukan pada Maret 1966.

Empat prototipe Yak-36 dibangun, dengan proyek tersebut mengalami pengujian dan perbaikan ekstensif untuk mencoba meningkatkan aliran udara dan karakteristik penerbangan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)