Menlu ASEAN Fokus Bahas Laut China Selatan dan Perang Myanmar

Sabtu, 27 Juli 2024 - 20:35 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Filipina telah bersikap kritis atas kurangnya dukungan dari ASEAN, tetapi dalam kesepakatan yang jarang terjadi, China dan Filipina mengatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan yang mereka harapkan akan meredakan situasi tanpa mengakui klaim teritorial masing-masing.

Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo mengatakan pada hari Jumat setelah pertemuan dengan Wang dari Tiongkok bahwa mereka sepakat untuk "menghormati perjanjian sementara dengan upaya yang jelas dan tulus".

Pada hari Sabtu, Filipina mengatakan bahwa mereka dapat melakukan misi pasokan ulang untuk pasukannya di beting yang disengketakan di Laut China Selatan tanpa harus berhadapan dengan pasukan China, yang menuai pujian dari Blinken.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mendesak para penguasa militer Myanmar untuk mengakhiri perang saudara yang semakin intensif dan mematuhi komitmen mereka untuk mengikuti rencana perdamaian konsensus ASEAN.

"Kami melihat ketidakstabilan, ketidakamanan, kematian, penderitaan yang disebabkan oleh konflik," kata Wong kepada wartawan, dilansir Al Jazeera.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)