Dihadapan Abbas, Raja Yordania Tegaskan Dukungannya untuk Negara Palestina

Kamis, 25 Juli 2019 - 15:26 WIB
Dihadapan Abbas, Raja Yordania Tegaskan Dukungannya untuk Negara Palestina
Dihadapan Abbas, Raja Yordania Tegaskan Dukungannya untuk Negara Palestina
A A A
AMMAN - Raja Yordania Abudllah bertemu dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di Amman pada Rabu (24/7/2019). Pertemuan tersebut dihelat jelang kunjungan penasihat senior sekaligus menantu Presiden Amerika Serikat (AS) Jared Khusner ke wilayah tersebut.

Dalam pertemuan itu, Raja Abdullah menyatakan kembali posisi bahwa pembentukan negara Palestina dengan Yerusalem timur sebagai ibukotanya adalah satu-satunya cara untuk mengakhiri konflik seperti dikutip dari Israel National News, Kamis (25/7/2019).

Kushner akan mengunjungi Israel, Yordania, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Qatar. Dia kembali ke Timur Tengah untuk mempromosikan rencana perdamaian ekonomi pemerintahan Trump untuk Palestina.

Pemerintahan Trump meluncurkan komponen ekonomi dari rencana perdamaiannya pada konferensi ekonomi di Bahrain pada akhir Juni lalu.

Yordania adalah salah satu negara Arab yang menghadiri konferensi Bahrain, tetapi Perdana Menteri Omar Razzaz kemudian menegaskan bahwa Yordania tidak akan menerima kesepakatan yang mengabaikan hak sah rakyat Palestina untuk mendirikan negara.

Sedikit yang diketahui tentang komponen politik dari rencana perdamaian AS, tetapi pada bulan April Kushner mengindikasikan bahwa rencana tersebut tidak akan fokus pada solusi dua negara.

Otoritas Palestina telah menolak rencana perdamaian AS bahkan sebelum diluncurkan, mengklaimnya bias dalam mendukung Israel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3719 seconds (0.1#10.140)