Mengapa AS dan Aliansinya Gagal Membendung Kebangkitan ISIS di Timur Tengah?

Kamis, 25 Juli 2024 - 22:55 WIB
loading...
A A A
Para pejabat AS dan Irak tahun lalu sepakat untuk memulai perundingan mengenai bentuk masa depan dan peran koalisi internasional untuk mengalahkan ISIS, yang hadir atas undangan pemerintah Irak.

Putaran pertama diskusi diadakan pada bulan Januari namun segera dihentikan karena serangan mematikan terhadap pasukan AS di Yordania, yang menurut para pejabat AS memiliki jejak Kata’ib Hizbullah.

Kurang dari 24 jam setelah AS membunuh seorang komandan senior Kata’ib Hizbullah, sebelum Irak secara sepihak mengumumkan putaran kedua perundingan dengan AS akan diadakan pada 11 Februari. AS dengan cepat mengeluarkan pernyataan yang mengkonfirmasi perundingan tersebut.

Serangan yang dikaitkan dengan milisi yang didukung Iran menargetkan pasukan AS di Irak dan Suriah lebih dari 140 kali sejak Oktober lalu. Namun tanggapan tegas AS, yang menewaskan komandan senior milisi di Irak, membuat serangan tersebut terhenti sejenak.

Para pejabat militer AS mengatakan secara tertutup bahwa kebijakan pemerintahan Biden untuk mengurangi tekanan terhadap Iran dan proksinya telah melumpuhkan kemampuan untuk melakukan pencegahan.

Bowman mengatakan “komitmen pasukan yang relatif sederhana” di kawasan ini menghalangi pengerahan pasukan AS dalam skala besar dan mahal di Timur Tengah. “Tetapi jika kita ingin menempatkan warga Amerika dalam bahaya, kita harus memberi mereka sarana militer dan izin politik untuk membuat musuh menyesali setiap serangan terhadap pasukan kita,” katanya.

5. Iran Masih Memiliki Pengaruh

Mengapa AS dan Aliansinya Gagal Membendung Kebangkitan ISIS di Timur Tengah?

Foto/EPA

Charles Lister, direktur program Suriah dan Penanggulangan Terorisme & Ekstremisme di Institut Timur Tengah, juga menyalahkan Iran.

“Kesalahan atas pengurangan aktivitas operasional kontra-ISIS ini terutama terletak pada Iran dan proksi militannya di Irak dan Suriah, yang telah melancarkan setidaknya 185 serangan terhadap pasukan AS sejak Oktober 2023 – yang secara signifikan membatasi kebebasan manuver militer AS, khususnya di Suriah, ”tulis Lister baru-baru ini.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)