5 Arah Kebijakan Donald Trump bagi Israel, Salah Satunya Pembangunan Pemukiman Yahudi di Gaza

Rabu, 24 Juli 2024 - 19:35 WIB
loading...
A A A
Namun kubu Netanyahu telah berusaha mencairkan hubungan dengan Trump selama beberapa waktu. Axios melaporkan bahwa sekutu Netanyahu bahkan melakukan perjalanan ke Mar-a-Lago, kediaman Trump di Florida, untuk membaca bagian dari buku Netanyahu yang memuji mantan presiden tersebut.

Perdana Menteri Israel juga mengunggah video di media sosial yang membahas upaya pembunuhan terhadap Trump baru-baru ini.

“Seperti semua warga Israel, istri saya Sara dan saya terkejut dengan upaya pembunuhan mengerikan terhadap Presiden Donald Trump,” kata Netanyahu dalam pidato videonya. Trump kemudian mengunggah video tersebut di situs media sosialnya, Truth Social.

Bahkan tanpa Trump sebagai presiden, Israel telah menerima dukungan kuat dari AS. Pemerintahan Biden secara konsisten mendukung Israel dengan bantuan militer miliaran dolar sejak 7 Oktober, bahkan ketika jumlah korban tewas di Palestina mencapai 39.090 jiwa.

Berbagai media melaporkan bahwa Biden telah mengeluhkan Netanyahu secara pribadi, namun AS tidak pernah ragu dalam memberikan dukungan materialnya kepada Israel.


3. Trump Akan Memenuhi Semua Tuntutan Netanyahu

5 Arah Kebijakan Donald Trump bagi Israel, Salah Satunya Pembangunan Pemukiman Yahudi di Gaza

Foto/EPA

Namun, sebagian kelompok sayap kanan Israel tidak puas dengan tingkat dukungan AS saat ini dan berharap bahwa kepresidenan Trump akan menghilangkan hambatan apa pun.

Ketika Trump menjadi presiden, dia mendukung memenuhi agenda Netanyahu, kata Lockman. “Dia mengharapkan dimulainya kembali agenda tersebut dan diakhirinya tekanan Amerika terhadap Israel, meskipun tekanan tersebut bersifat minimal dan tidak berubah menjadi sesuatu yang konkret. Meskipun demikian, kemenangan Trump bagi Netanyahu berarti memulihkan kemampuan Israel untuk melakukan apa pun yang diinginkannya.”

Dalam masa jabatannya sebagai presiden, Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan kedutaan AS ke sana dari Tel Aviv, ia menunjuk seorang duta besar yang secara ideologis sejalan dengan gerakan pemukim Israel, dan ia menjadi tuan rumah penandatanganan Perjanjian Abraham, yang mengarah pada normalisasi pembangunan Israel. hubungan antara Israel dan empat negara Arab – Bahrain, UEA, Maroko dan Sudan.

Pemerintahan Biden mendapat kecaman keras dalam beberapa bulan terakhir atas kebijakannya mengenai Gaza. Protes mahasiswa massal terjadi di kampus-kampus di universitas-universitas Amerika dan internasional. Menurut survei, lebih dari 40 persen anggota Partai Demokrat kritis terhadap cara Biden menangani masalah Gaza, dan banyak pegawai pemerintah, termasuk tokoh penting Departemen Luar Negeri, telah mengundurkan diri karena kebijakan Biden terhadap wilayah kantong Palestina yang terkepung. Para kritikus ini mengatakan Biden terlibat dalam apa yang menurut Mahkamah Internasional (ICJ) bisa dianggap sebagai genosida yang masuk akal.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0871 seconds (0.1#10.140)