alexametrics

Prancis: Eropa Harus Bersatu Selamatkan Kesepakatan Nuklir

loading...
Prancis: Eropa Harus Bersatu Selamatkan Kesepakatan Nuklir
Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian mengatakan bahwa Eropa harus tetap bersatu dalam upaya melestarikan kesepakatan nuklir Iran. Foto/Reuters
A+ A-
BRUSSELS - Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian mengatakan bahwa Eropa harus tetap bersatu dalam upaya melestarikan kesepakatan nuklir Iran. Dia lalu menyebut Teheran harus membalikkan keputusannya terkait kesepakatan tersebut.

"Orang Eropa harus tetap bersatu dalam masalah ini," kata Le Drian disela-sela pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri Uni Eropa (UE) di Brussels, Belgia, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (15/7).

"Keputusan Iran untuk mengurangi kepatuhan dengan kesepakatan yang ditinggalkan Amerika Serikat (AS) tahun lalu adalah respons buruk terhadap keputusan yang buruk," sambungnya.



Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt engatakan meski kecil, masih ada kesempatan dan waktu untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir Iran.

"Iran masih beberapa tahun lagi dari mengembangkan bom nuklir. Masih ada beberapa penutupan, tetapi ada "jendela kecil" untuk menjaga kesepakatan tetap hidup," kata Hunt.

Sementara itu, juru bicara Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), Behrouz Kamalvandi mengatakan Teheran berencana untuk kembali ke kondisi sebelum ke masa kesepakatan nuklir. Dia mengatakan, hal ini dilakukan jiak Eropa gagal memenuhi kewajibanya atas kesepakatan tersebut.

Kamalvandi mengatakan keputusan pembalasan Teheran untuk mengurangi beberapa komitmennya di bawah Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) berada dalam kerangka perjanjian. Di mana, dia mengatakan jika satu pihak gagal memenuhi komitmennya, pihak lain diberikan hak untuk mempertimbangkan kembali kewajibannya.

Dia kemudian menegaskan bahwa keputusan Iran untuk perlahan-lahan mengurangi komitmenya dibawah JCPOA untuk mengingatkan negara penandatangan kesepakatan untuk memenuhi kewajiban mereka.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak