Sekjen PBB Sangat Khawatir Risiko Eskalasi setelah Serangan Israel di Yaman

Senin, 22 Juli 2024 - 15:44 WIB
loading...
Sekjen PBB Sangat Khawatir...
Sekjen PBB Antonio Guterres. Foto/EPA-EFE/SERGEI SAVOSTYANOV/SPUTNIK/KREMLIN
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres menyuarakan keprihatinannya yang “mendalam” atas potensi eskalasi lebih lanjut di Timur Tengah menyusul serangan Israel di pelabuhan Al Hudaydah di Yaman barat.

“Sekretaris Jenderal tetap sangat prihatin mengenai risiko eskalasi lebih lanjut di kawasan dan terus mendesak semua pihak untuk menahan diri,” ungkap pernyataan yang dikeluarkan kantor utusan khusus Sekjen PBB untuk Yaman Hans Grundberg.

Dia meminta semua pihak terkait “untuk menghindari serangan yang dapat merugikan warga sipil dan merusak infrastruktur sipil.”

Sebanyak tiga orang tewas dan 87 orang lainnya terluka dalam serangan udara Israel yang menargetkan pelabuhan Al Hudaydah, tangki bahan bakarnya, dan pembangkit listriknya pada Sabtu, menurut Kementerian Kesehatan yang dikelola Houthi.

Militer Israel mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, sementara Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menggambarkan serangan tersebut sebagai “tanggapan langsung” terhadap serangan pesawat tak berawak yang diluncurkan kelompok Houthi di Tel Aviv pada hari Jumat, yang menewaskan seorang warga Israel dan melukai 10 orang lainnya.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1423 seconds (0.1#10.140)