Selain Kamala Harris, Siapa Saja yang Berpeluang Menggantikan Joe Biden dalam Pilpres 2024?

Senin, 22 Juli 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A

3. Gubernur Illinois JB Pritzker

Seperti banyak orang yang masuk dalam daftar calon pengganti Biden, Pritzker bukan hanya seorang gubernur namun juga merupakan pengganti terkemuka bagi Biden dalam kampanyenya, berupaya menggalang dukungan.

Meskipun negara bagian asal Pritzker, Illinois, merupakan basis pendukung Partai Demokrat, wilayah ini merupakan titik persimpangan utama bagi wilayah Midwest, sebuah wilayah di mana pertanian dan industri bertabrakan.

Illinois juga sangat dekat dengan negara bagian utama seperti Wisconsin. Pritzker telah mencoba memanfaatkan akarnya di wilayah tersebut untuk keuntungannya – dan Biden – dengan berjanji untuk membangun “tembok biru” di seluruh Midwest.

“Inilah hal yang mungkin tidak dipahami oleh orang-orang dari pesisir tentang Demokrat Midwestern. Kami akan menjadi Midwest yang baik kepada Anda, sementara kami Midwest akan mengalahkan Anda,” katanya saat berkampanye, menonjolkan identitas regionalnya sambil mengecam Trump.

Seorang pengacara dengan pengalaman politik puluhan tahun, Pritzker sebelumnya memimpin kampanye kepresidenan Hillary Clinton pada tahun 2008.

Ketika ia mengincar rumah gubernur pada tahun 2017, ia menginvestasikan lebih dari $42 juta kekayaannya dalam kampanyenya: Keluarganya memiliki Hyatt Hotels and Resorts. Sejak itu, dia telah memenangkan dua periode.

Pritzker sudah tidak asing lagi dengan Trump, dan menyebut gerakan sayap kanannya sebagai “kanker” yang menyebar ke seluruh bagian Partai Republik. Bulan ini, ia berhenti berkampanye di Indiana dan Ohio, berupaya menggerogoti basis pendukung Trump dan menggalang dukungan dari Partai Demokrat.

(ahm)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)