Selain Kamala Harris, Siapa Saja yang Berpeluang Menggantikan Joe Biden dalam Pilpres 2024?

Senin, 22 Juli 2024 - 14:55 WIB
loading...
A A A
Berasal dari Oakland, California, Harris sebelumnya menjabat sebagai jaksa agung negara bagian dan senator AS.

2. Gubernur Michigan Gretchen Whitmer

Whitmer mewakili negara bagian yang didambakan dalam pemilihan presiden tahun ini: Michigan, bagian dari kawasan industri Rust Belt.

Dia juga telah berkampanye untuk Biden dan menegaskan kembali dukungannya kepada presiden yang terkepung itu ketika tekanan meningkat agar Biden mengakhiri kampanye pemilihannya kembali.

“Saya adalah pendukung Presiden Biden yang antusias, dan saya akan bekerja keras untuk memastikan dia mendapatkan masa jabatan kedua,” katanya kepada NPR pada awal Juli setelah penampilan debat Biden yang gagal.

Lahir dan besar di ibu kota negara bagian Lansing, Whitmer beberapa kali terpilih menjadi anggota legislatif negara bagian dan bertugas di Komite Nasional Demokrat sebelum dia memasuki rumah gubernur.

Ia mengaku progresif dan pernah terlibat perselisihan publik dengan Trump, khususnya selama pandemi COVID-19.

Whitmer menerapkan perintah tinggal di rumah pada awal pandemi dan mengeluarkan pembatasan pertemuan skala besar di negara bagiannya. Hal ini mendorong Trump, yang menentang pembatasan keamanan tertentu, menyebutnya sebagai “diktator” dan mengecamnya di media sosial.

Belakangan di tahun yang sama, Biro Investigasi Federal (FBI) mengumumkan telah menggagalkan upaya sayap kanan untuk menculik Whitmer karena kebijakan COVID-19-nya.

Namun Whitmer telah mendukung Partai Demokrat di negara bagiannya, membantu memimpin partai tersebut meraih kemenangan bersejarah pada tahun 2022: Whitmer tidak hanya merebut kembali jabatan gubernur, tetapi Partai Demokrat juga menggulingkan DPR dan Senat negara bagian.

Hal ini memberi partai tersebut “trifecta” untuk pertama kalinya sejak 1984.

Secara nasional, Whitmer dalam beberapa hari terakhir kembali menentang Trump. Menjelang rapat umum mantan presiden pada hari Sabtu di Michigan, bersama wakil presiden terpilihnya JD Vance, Whitmer mengunggah video nakal yang mengingatkan Trump bahwa negara bagian tersebut memiliki hak aborsi yang kuat dan menuduhnya mengingkari janji yang dibuat kepada pekerja otomotif di Detroit.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)