7 Strategi Khamenei Menjadikan Massoud Pezeshkian Menjadi Presiden Iran

Kamis, 18 Juli 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Tahap awal dari rencana Khamenei dimulai ketika anggota parlemen saat itu, Pezeshkian – didorong oleh mantan pejabat pragmatis yang memiliki hubungan dengan kantor pemimpin tertinggi – mendaftar untuk mencalonkan diri dalam pemilu 28 Juni, kata dua sumber.

Mereka mengatakan Pezeshkian tidak mengetahui keputusan di balik layar. Salah satu sumber yang dekat dengannya mengatakan dia bahkan tidak menyangka akan disetujui oleh Dewan Penjaga, seorang dokter hewan yang tidak dipilih.

Sebuah badan yang terdiri dari enam ulama dan enam ahli hukum yang bersekutu dengan Khamenei telah melarang banyak kandidat konservatif moderat dan terkemuka di masa lalu.


6. Pemilu Digelar Terlihat Demokratis

Rencana Khamenei dirancang agar tampak adil dan demokratis, sehingga dua kandidat garis keras terkemuka, mantan perunding nuklir Saeed Jalili dan ketua parlemen Mohammad Baqer Qalibaf, disetujui oleh dewan pemeriksaan, kata lima orang yang mengetahui masalah tersebut.

Hal ini berarti suara dari kelompok garis keras kemungkinan akan terbagi di antara mereka, sehingga lebih sulit bagi keduanya untuk maju ke putaran kedua.

Jalili termasuk dalam kubu ultra-garis keras "Paydari", yang menganjurkan pembatasan sosial yang lebih ketat, kemandirian, kebijakan luar negeri yang agresif - dan diyakini telah memilih kandidatnya untuk menggantikan Khamenei, kata mantan anggota parlemen Iran Noureddin Pirmoazen, seorang reformis sekarang berbasis di Amerika Serikat.

Kemenangan Jalili, yang menentang perjanjian nuklir dengan negara-negara besar pada tahun 2015, akan mengirimkan sinyal negatif kepada Barat karena negara-negara Barat memberikan tekanan pada Teheran atas program pengayaan uraniumnya yang berkembang pesat, kata tiga analis dan dua diplomat kepada Reuters.

“Dengan meningkatnya kemungkinan kembalinya Donald Trump ke Gedung Putih… Republik Islam memerlukan sosok yang moderat untuk menjaga dialog dengan Barat tetap terbuka dan mengurangi ketegangan,” kata seorang diplomat Barat di wilayah tersebut.

Seorang juru bicara Dewan Wali mengatakan: "Ini adalah pemilu yang transparan dan tidak memihak."

Jalili dan Qalibaf tidak dapat dihubungi untuk memberikan komentar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)