Hadapi China, AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C dan Kapal Induk ke Jepang

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:33 WIB
loading...
A A A
Menurut Angkatan Laut, F-35C adalah landasan superioritas udara, menyediakan pesawat generasi kelima yang dominan dan multi-peran yang mendukung proyeksi kekuatan dan kemampuan pencegahan AS.

Mengingat meningkatnya ketegangan dengan China di Pasifik Barat, pesawat tempur canggih ini sangat penting untuk menjalankan misi yang mengharuskan memasuki wilayah musuh.

Seperti diketahui, China terlibat sengketa wilayah Laut China Timur dengan Jepang. China juga terlibat sengketa wilayah Laut China Selatan dengan Filipina.

Pentagon sedang mengembangkan strategi baru untuk mengatasi tantangan di Laut China Selatan dan Timur yang sangat luas, di mana pangkalan udara AS dan sekutunya rentan terhadap potensi serangan China.

Rencananya adalah untuk mengatasi hambatan ini dengan mengirimkan F-35C dalam serangan jarak jauh yang dapat menjangkau ribuan mil.

Misi-misi ini termasuk kembali dengan selamat ke dek kapal induk, menavigasi pertahanan udara musuh, dan menggunakan Joint Standoff Weapon (JSOW), sebuah bom luncur, terhadap sasaran musuh.

Dibandingkan dengan F-35B, F-35C memiliki ruang senjata yang lebih besar dan kapasitas bahan bakar tambahan sebesar 7.000 pon, dapat menampung amunisi yang lebih berat, termasuk bom luncur JSOW seberat 2.000 pon.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)