Hadapi China, AS Kerahkan Jet Tempur Siluman F-35C dan Kapal Induk ke Jepang

Selasa, 16 Juli 2024 - 09:33 WIB
loading...
Hadapi China, AS Kerahkan...
AS umumkan pengerahan jet tempur siluman F-35C dan kapal induk USS George Washington ke Jepang untuk menghadapi militer China yang semakin agresif di kawasan sekitar. Foto/REUTERS
A A A
TOKYO - Amerika Serikat (AS) mengumumkan pengerahan jet tempur siluman F-35C dan kapal induk USS George Washington ke Jepang. Pengerahan aset tempur ini untuk menghadapi militer China yang semakin agresif di kawasan sekitar.

Mengutip rilis Angkatan Laut Amerika, Selasa (16/7/2024), F-35C Lightning II dari Strike Fighter Squadron 147 akan menggantikan F/A-18 Super Hornet dari Strike Fighter Squadron 115.

Selain itu, Angkatan Laut juga mengerahkan pesawat angkut C-2A dengan Skuadron Logistik Armada Greyhound 30.

Upgrade pesawat tempur Angkatan Laut AS yang berbasis di Jepang ini mengikuti langkah serupa yang diumumkan pada 4 Juli oleh Angkatan Udara Amerika yang akan menempatkan 48 pesawat tempur F-35A Lightning II di Pangkalan Udara Misawa.



Kedua skuadron Angkatan Laut AS tersebut akan bergabung dengan Carrier Air Wing 5 yang berpangkalan di Stasiun Udara Korps Marinir (MCAS) Iwakuni.

Angkatan Laut tidak menjelaskan batas waktu kedatangan pesawat tersebut di Jepang. Namun, pesawat-pesawat itu akan beroperasi di atas kapal induk USS George Washington di Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka—menggantikan kapal induk USS Ronald Reagan.

Ronald Reagan kembali ke Bremerton, Washington, setelah sembilan tahun di Yokosuka.

Keputusan Angkatan Laut AS meng-upgrade pesawat tempur dan pesawat angkutnya dimaksudkan untuk mengatasi ancaman kontemporer dan meningkatkan efektivitas operasional.

F-35C Lightning II yang disebut-sebut sebagai pesawat tempur paling canggih Angkatan Laut, memainkan peran penting dalam upaya ini.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)