Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Senin, 15 Juli 2024 - 16:30 WIB
loading...
Siapa Direktur FBI Christopher...
Direktur FBI Christopher Wray dulu pernah diangkat Donald Trump, tapi kini justru bermusuhan. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Meskipun ditunjuk oleh mantan Presiden Donald Trump pada tahun 2017, Direktur FBI Christopher Wray telah menjadi target nomor satu Partai Republik akhir-akhir ini. Dia merupakan pemimpin FBI yang tidak disukai kubu Donald Trump saat ini.

Jauh sebelum upaya pembunuhan Donald Trump, anggota DPR dari Partai Republik menuduh Wray dan FBI menggunakan badan tersebut sebagai senjata politik dan menargetkan kaum konservatif.

Namun, kini Wray merupakan Direktur FBI yang memimpin penyelidikan upaya pembunuhan Donald Trump. Dia menyebut upaya pembunuhan Trump “benar-benar tercela.”

“Orang-orang FBI bekerja tanpa kenal lelah untuk mengungkap apa yang terjadi,” kata Wray kepada wartawan. “Kami tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat.”

Selain pemeriksaan berkelanjutan di lokasi penembakan, FBI telah mendorong siapa pun yang memiliki informasi atau mungkin pernah menghadiri rapat umum tersebut dan mengambil foto atau video untuk menghubungi mereka. Para pejabat mengatakan mereka telah menerima lebih dari 2.000 laporan, yang semuanya sedang dianalisis.

Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Dikenal sebagai Musuhnya

1. Awalnya Dikenal sebagai Seorang Republikan

Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Foto/AP

Melansir newsnationnow, pada bulan Agustus 2017, Wray – seorang Republikan dan anggota Masyarakat Federalis – ditunjuk sebagai direktur kedelapan FBI, namun karir penegakan hukumnya dimulai pada tahun 1997 ketika ia bertugas di Departemen Kehakiman sebagai asisten pengacara AS untuk Wilayah Utara. Distrik Georgia, menurut catatan FBI.

Pada tahun 2001, Wray diangkat menjadi wakil jaksa agung di DOJ di Washington, D.C. Pada tahun 2003 ia dicalonkan oleh Presiden saat itu George W. Bush untuk menjadi asisten jaksa agung untuk Divisi Kriminal DOJ, kata FBI.

Dalam peran ini, Wray mengawasi investigasi kriminal besar-besaran di tingkat nasional dan internasional, termasuk mengawasi Bagian Kontra Terorisme dan Bagian Kontra Intelijen dan Pengendalian Ekspor.

Pada tahun 2005, Wray mengundurkan diri dari DOJ dan kembali ke praktik swasta, bekerja di firma hukum internasional King & Spalding LLP di mana ia menghabiskan hampir 12 tahun berpraktik hukum dalam investigasi pemerintah dan kejahatan kerah putih. Wray memperoleh gelar sarjana hukum dari Yale Law School pada tahun 1992. Ia menjadi pengacara pribadi mantan Gubernur New Jersey Chris Christie pada tahun 2013 selama skandal penutupan jalur “Bridgegate”, USA Today melaporkan.

2. Diangkat Direktur FBI oleh Trump, tapi Justru Bermusuhan

Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Foto/AP

Trump mengumumkan bahwa dia akan mencalonkan Wray untuk peran direktur FBI pada bulan Juni 2017. Namun, segera setelah penunjukan Wray, dia dan Trump mulai berselisih.

Mengapa dia diangkat menjadi direktur FBI? Trump menyebut Wray sebagai “seorang pria dengan kredibilitas sempurna” ketika ia pertama kali mengumumkan pencalonan Wray, USA Today melaporkan.

Dia kemudian mengeluarkan pernyataan lengkap yang mengatakan bahwa Wray adalah “individu yang memenuhi syarat, dan saya tahu bahwa dia akan kembali mengabdi pada negaranya sebagai penjaga hukum dan teladan integritas setelah Senat mengukuhkan dia untuk memimpin FBI.”

Pada saat pencalonannya, Wray mengatakan dia berharap dapat melayani rakyat Amerika.

“Saya berharap dapat melayani rakyat Amerika dengan integritas sebagai pemimpin dari apa yang saya tahu secara langsung sebagai kelompok pria dan wanita luar biasa yang telah mendedikasikan karir mereka untuk melindungi negara ini,” kata Wray.

Namun, tidak butuh waktu lama sampai Trump dan Wray berselisih setelah Komite Kehakiman Senat dengan suara bulat menyetujui pencalonan Wray sebagai direktur FBI.

Wray diketahui beroperasi “secara independen dari aktivitas partisan,” dan Presiden Asosiasi Agen FBI (FBIAA) Brian O’Hare mencatat bahwa Wray tidak “memimpin Biro secara politis,” menurut USA Today.

Newsweek melaporkan, Wray tidak setuju dengan klaim Trump pada tahun 2020 bahwa ANTIFA adalah sebuah organisasi, dan mengklaim bahwa ANTIFA sebenarnya adalah sebuah gerakan atau ideologi. Trump telah mencoba untuk menetapkan ANTIFA sebagai organisasi teroris oleh AS, namun Wray menolak klaim tersebut.

Trump sempat mempertimbangkan untuk mengganti direktur FBI pada April 2020, namun Jaksa Agung Bill Barr saat itu mengancam untuk mengundurkan diri jika Trump mencopot Wray, Business Insider melaporkan.

FBIAA menulis surat kepada Trump dan sekarang Presiden Joe Biden menjelang pemilu tahun 2020, meminta kedua kandidat untuk mempertahankan Wray sebagai direktur FBI selama sisa masa jabatannya, Newsweek melaporkan.

Sejak itu, Wray tetap menjadi direktur FBI pada masa pemerintahan Biden.


3. Partai Republik Menuding Wray Mempolitisasi FBI

Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Foto/AP

Wray, meskipun ditunjuk oleh Trump, telah menjadi pusat pertikaian antara Partai Republik dan FBI ketika Partai Republik semakin membesar-besarkan klaim bahwa biro tersebut dipolitisasi.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, Partai Republik telah meningkatkan pengawasannya terhadap penyelidikan FBI terhadap Trump, dibandingkan dengan penyelidikan mereka terhadap Biden atau putranya, Hunter Biden.

Sebagian besar dari pertanyaan-pertanyaan tersebut telah diajukan oleh Komite Pengawas, yang memanggil FBI untuk meminta formulir peringatan atas informasi yang belum diverifikasi kepada biro tersebut yang menuduh bahwa Biden menerima suap.

4. Wray Menegaskan kalau FBI Bekerja untuk Rakyat Amerika

Siapa Direktur FBI Christopher Wray? Pernah Diangkat Donald Trump, tapi Kini Justru Bermusuhan

Foto/AP

Dalam pernyataan pembukaannya, Wray berbicara tentang penangkapan yang dilakukan FBI terhadap lebih dari “20.000 penjahat kejam dan predator anak,” dan berbicara tentang 300 investigasi yang dilakukan terhadap kartel narkoba di sepanjang perbatasan selatan.

“Para anggota FBI bekerja tanpa kenal lelah setiap hari untuk melindungi rakyat Amerika dari serangkaian ancaman yang sangat mengejutkan,” kata Wray.

Dia dengan tegas menolak klaim bahwa dia telah menggunakan lembaga tersebut sebagai senjata politik.

“Saya menerima pencalonan Presiden Trump untuk menjadi direktur FBI karena saya sangat percaya pada pria dan wanita di lembaga tempat saya bekerja selama bertahun-tahun di awal karir saya dan saya pikir mereka adalah profesional terbaik di bidang ini di planet ini,” Wray katanya dalam penampilan bulan April di hadapan para apropriator kongres.

“Terlalu sering di dunia saat ini, standar masyarakat mengenai apakah mereka menganggap sesuatu itu adil atau obyektif atau independen ditentukan oleh apakah mereka menyukai hasilnya atau tidak, apakah pihak mereka menang atau kalah,” tambahnya kemudian.

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)