alexametrics

Asteroid Meledak di Atas Puerto Rico, Setara 5 Kiloton TNT

loading...
Asteroid Meledak di Atas Puerto Rico, Setara 5 Kiloton TNT
Sebuah asteroid meledak saat memasuki atmosfer Bumi di atas wilayah selatan Puerto Rico, 22 Juni 2019. Foto/Twitter @frankie57pr
A+ A-
SAN JUAN - Sebuah asteroid seukuran mobil kecil terbakar dan meledak di atmosfer Bumi di atas wilayah selatan Puerto Rico. Menurut pakar, kekuatan ledakan benda langit setara dengan ledakan 5 kiloton TNT.

Asteroid meledak ketika memasuki atmosfer Bumi pada Sabtu, 22 Juni lalu. Sensor satelit khusus melihat semua kejadian itu.

Asteroid yang dinamai "2019 MO" terdeteksi oleh instrumen NOAA's GOES-East Geostationary Lightning Mapper (GLM) pada hari Sabtu pukul 17.20 waktu setempat. Saat memasuki atmosfer Bumi, terlihat flash besar di sebuah wilayah yang berjarak sekitar 240 mil sebelah selatan San Juan, Puerto Rico.



Instrumen GLM biasanya digunakan untuk mendeteksi petir di Bumi. Namun, alat itu telah melihat benda-benda dari ruang angkasa yang terbakar di atmosfer beberapa kali sejak mulai digunakan pada tahun 2017.

Menurut University of Hawaii (UH), asteroid "2019 MO" diperkirakan berdiameter sekitar 13 kaki atau seukuran mobil kecil. Asteroid seukuran itu kemungkinan besar terbakar sepenuhnya di atmosfer.

Peter Brown, seorang ilmuwan meteor di University of Western Ontario mengatakan total kekuatan ledakan asteroid ini setara dengan 3 hingga 5 kiloton TNT.

Atmosfer Bumi telah mengalami peristiwa seperti ini atau lebih besar 34 kali sejak April 1988, atau sekitar sekali dalam setahun. Data ini dicatat Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA.

Sebagai perbandingan, asteroid yang jatuh 2013 meledak di dekat Chelyabinsk, Rusia, berdiameter 65 kaki. Perkiraan energi ledakannya setara dengan 440 kiloton TNT.

Teleskop survei ATLAS dan Pan-STARRS mampu mengidentifikasi "2019 MO" pada Sabtu pagi sebelum memasuki atmosfer Bumi. Deteksi itu digunakan untuk memberikan peringatan dini bagi mereka yang mungkin berada di lokasi yang berpotensi terkena dampak.

Berdasarkan pengamatan teleskop, perkiraan jalur "2019 MO" adalah dari timur ke barat dengan jalur masuk selatan Puerto Rico.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak