alexametrics

Kapal Perang AS Bayangi Kapal Perang Tercanggih Rusia di Dekat Kuba

loading...
Kapal Perang AS Bayangi Kapal Perang Tercanggih Rusia di Dekat Kuba
Kapal perang Admiral Gorshkov Rusia. Foto/Sputnik/Alexei Danichev
A+ A-
WASHINGTON - Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) muncul di lepas pantai Havana, Kuba, dan membayangi detasemen kapal Angkatan Laut Rusia yang mencakup salah satu kapal tercanggih Moskow.

Interaksi itu terjadi pada Selasa pagi waktu Havana. Kapal perusak USS Jason Dunham (DDG-109) berada di sebuah perairan yang bejarak kira-kira 50 mil laut sebelah utara Havana dan sekitar 72 mil dari Key West, Florida. Data lokasi yang dikonfirmasi militer AS tersebut telah ditinjau USNI News.

Sehari sebelumnya, Admiral Gorshkov, salah satu kapal perang tercanggih Rusia tiba di pantai Havana. Admiral Gorshkov bergabung dengan kapal pendukung Elbrus dan kapal tunda Nikolay Chiker.



Para pejabat Angkatan Laut AS mengatakan kepada USNI News bahwa mereka mengetahui kedatangan detasemen kapal Angkatan Laut Moskow berada Kuba dan sedang memantau kegiatannya.

"Kami mengetahui penyebaran kapal Rusia (Admiral) Gorshkov dan sedang mengambil langkah untuk secara aktif melacaknya," bunyi pernyataan Komando Utara Amerika Serikat (USNORTHCOM), yang dipublikasikan di akun Twitter-nya, Rabu (26/6/2019).

"Kami tidak akan membahas semua tindakan yang diambil, tetapi NORAD (Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara) melakukan operasi udara untuk membela AS dan Kanada dan USNORTHCOM telah mengerahkan aset maritim untuk melacak Gorshkov," lanjut pernyataan tersebut.

Angkatan Laut Rusia menyatakan kapal Admiral Gorshkov meninggalkan pelabuhannya di Severomorsk, di Laut Barents, pada 26 Februari. Pelayaran keliling dunia ini merupakan penyebaran signifikan pertama kapal tersebut.

Admiral Gorshkov pernah berlabuh di Djibouti, Sri Lanka dan China. Kapal itu juga mengunjungi Ekuador sebelum melewati Terusan Panama.

Angkatan Laut Rusia tidak merilis informasi tentang kunjungan kapal Admiral Gorshkov ke Kuba. "Kapal-kapal Rusia akan terus melakukan tugas sesuai dengan rencana pelayaran jangka panjang dan melakukan panggilan bisnis ke pelabuhan beberapa negara pulau di wilayah tersebut," kata Angkatan Laut tersebut dalam sebuah pernyataan.

Laporan sejumlah media AS mengatakan selama satu dekade terakhir, kapal-kapal Angkatan Laut Moskow, termasuk kapal intelijen Viktor Leonov, secara berkala mengunjungi Kuba.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak