Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal saat Kapal Mata-mata Rusia Mendekat?

Senin, 31 Mei 2021 - 13:48 WIB
loading...
Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal saat Kapal Mata-mata Rusia Mendekat?
Sebuah kapal perang AS menembakkan sebuah rudal SM-6 dalam uji coba. Foto/MDA
A A A
WASHINGTON - Kegagalan kapal perang Amerika Serikat (AS) mencegat rudal balistik jarak menengah dalam uji coba terjadi saat kapal mata-mata Rusia diduga mendekati wilayah Amerika di Hawaii.

Badan Pertahanan Rudal (MDA) Amerika Serikat (AS) menolak mengungkap lokasi intersepsi rudal yang gagal itu. Namun, media lokal; Maui Now, mengutip pejabat MDA, melaporkan bahwa uji coba pada hari Sabtu pekan lalu itu terjadi di suatu tempat di barat laut Hawaii.



MDA mengatakan bahwa sebuah kapal perang tipe Aegis menembakkan dua misil pencegat SM-6, tetapi gagal mencapai target rudal balistik jarak menengah dalam uji coba.

"Tujuan dari tes tersebut adalah untuk mendemonstrasikan kemampuan sebuah kapal Aegis yang dikonfigurasi dengan pertahanan rudal balistik (BMD) untuk mendeteksi, melacak, menyerang dan mencegat target rudal balistik jarak menengah," kata MDA dalam sebuah pernyataan singkat.

"Namun, intersepsi tidak tercapai," lanjut MDA, seperti dikutip Reuters.

Pejabat AS sekarang melakukan tinjauan ekstensif untuk menentukan penyebab masalah yang mungkin menggagalkan intersepsi misil yang gagal tersebut.

Tujuan dari tes tersebut adalah untuk mencegat target dengan salvo dua rudal SM-6 Dual II. MDA mengatakan tes tersebut, yang dijuluki Flight Test Aegis Weapon System 31 Event 1, dilakukan pada 29 Mei bekerja sama dengan Angkatan Laut AS.

Pentagon tidak merinci nama kapal perang tipe Aegis yang terlibat atau wilayah pasti tempat tes itu dilakukan. Namun, media lokal di Hawaii melaporkan bahwa tes misil itu terjadi di suatu tempat di barat laut Hawaii.

Sedangkan beberapa laporan media Amerika mengatakan sebuah kapal pengintai Rusia telah terlihat di lepas pantai Hawaii sejak Selasa pekan lalu, tepat di luar perairan teritorial AS. Kapal itu dilaporkan masih di perairan tersebut ketika kapal perang Amerika melakukan uji coba intersepsi misil yang berakhir dengan kegagalan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)