Giliran India Diperingatkan AS Tidak Beli S-400 Rusia

Sabtu, 22 Juni 2019 - 03:22 WIB
Giliran India Diperingatkan AS Tidak Beli S-400 Rusia
Giliran India Diperingatkan AS Tidak Beli S-400 Rusia
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) memperingatkan India untuk tidak membeli sistem pertahanan rudal S-400 buatan Rusia. AS sendiri hingga saat ini masih terlibat perselisihan dengan Turki terkait pembelian S-400.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan Washington meminta New Delhi untuk mempertimbangkan persenjataan lain dari jenis yang sama. Permintaan itu diungkapkan jelang kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

"Sehubungan dengan S-400, kami mendesak semua sekutu dan mitra kami, termasuk India, untuk menghentikan transaksi dengan Rusia yang berisiko memicu sanksi CAATSA," kata pejabat itu seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (22/6/2019).

CAATSA adalah undang-undang yang digunakan AS untuk memberikan sanksi atau embargo kepada suatu negara terkait dengan aktivitas belanja peralatan militer negara bersangkutan ke Rusia yang notabene merupakan saingan dari AS.

"Ini adalah waktu bagi kami untuk mendorong India mencari alternatif lain," imbuhnya.

Kunjungan Pompeo ke India sendiri akan fokus pada menemukan cara untuk memperkuat kerja sama bilateral dan melanjutkan pembicaraan tingkat tinggi tentang isu-isu regional dan global.

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri AS memberikan peringatan tidak langsung kepada India bahwa pembelian sistem pertahanan udara buatan Rusia dapat membahayakan perjanjian senjata lebih lanjut antara New Delhi dan Washington.

Peringatan itu dibuat setelah Kementerian Luar Negeri India mengindikasikan bahwa New Delhi tidak memiliki rencana untuk membatalkan perjanjian S-400 dengan Moskow meskipun ada ancaman sanksi AS.

AS menggunakan undang-undang CAATSA September lalu dan menjatuhkan sanksi terhadap kementerian pertahanan China atas pembelian pesawat Rusia dan sistem rudal S-400.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4639 seconds (0.1#10.140)