Bagaimana Jerman Membantu Persiapan NATO dalam Perang Melawan Rusia?

Kamis, 11 Juli 2024 - 12:55 WIB
loading...
Bagaimana Jerman Membantu...
Militer Jerman membantu persiapan NATO dalam menghadapi perang melawan Rusia. Foto/AP
A A A
BERLIN - Saat itu awal tahun 1996 ketika tentara Jerman dengan perlengkapan tempur memasuki wilayah negara Eropa lainnya untuk pertama kalinya sejak Perang Dunia II. Jerman tidak datang ke Bosnia-Herzegovina sebagai penjaga perdamaian PBB, atau Helm Biru, namun sebagai bagian dari Pasukan Implementasi (IFOR) yang dipimpin NATO.

Pada tahun 1992, bekas republik Yugoslavia telah terjerumus ke dalam perang paling berdarah di tanah Eropa sejak tahun 1945 oleh etnis minoritas Serbia di negara tersebut, dengan dukungan pasukan otokrat Serbia Slobodan Milosevic. Pada bulan Desember 1995, pihak-pihak yang bertikai, negara-negara tetangga dan kepala negara serta pemerintahan Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Jerman menandatangani Perjanjian Perdamaian Dayton.

NATO membentuk IFOR, yang digantikan oleh Pasukan Stabilisasi (SFOR), untuk mempertahankan gencatan senjata dan menstabilkan perdamaian di negara kecil di Eropa tenggara.

Jerman berpartisipasi, namun Bundeswehr hanya dipersiapkan sebagian untuk misi di negara pegunungan tersebut. Para prajurit tentara Jerman belum dilatih untuk operasi "di luar wilayah". Kadang-kadang, mereka harus memperlebar jalan karena alat berat militer tidak mampu melewatinya.

Selama Perang Dingin, Bundeswehr Republik Federal Jerman (Jerman Barat), yang bergabung dengan NATO pada tahun 1955, terutama bertanggung jawab untuk mempertahankan diri dari kemungkinan serangan oleh negara-negara Pakta Warsawa, yang berada di zona pengaruh Soviet.

Ada setengah juta tentara Soviet yang ditempatkan di Jerman Timur. Dan Tentara Rakyat Nasional (NVA) GDR mempunyai lebih dari 150.000 tentara tambahan.

Setiap tahun, skenario serangan diberlakukan dalam manuver dan latihan NATO yang berlangsung di tanah datar di Jerman utara, terutama dengan tank.

Idenya adalah bahwa tank tempur utama Leopard dan unit Bundeswehr akan bertahan melawan serangan dari timur sampai kedaulatan udara tak terbatas terbentuk dengan bantuan anggota terbesar NATO, AS.

Dari tahun 1958 hingga 1972, kekuatan tentara Jerman Barat bertambah dari 249.000 menjadi 493.000 tentara.

Hingga runtuhnya Tembok Berlin, jumlah pasukan berkisar sekitar 480.000 orang. Ketika Bundeswehr mengintegrasikan Tentara Rakyat Nasional, dengan tujuan utama menghapus strukturnya secara bertahap, jumlahnya meningkat lagi dalam waktu singkat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)