Intip Kekuatan Militer Rusia dan India Jika Berkoalisi, Berani Lawan?

Rabu, 10 Juli 2024 - 15:01 WIB
loading...
Intip Kekuatan Militer...
Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan dengan Perdana Menteri India Narendra Modi selama pertemuan mereka di kediaman negara Novo-Ogaryovo dekat Moskow, Rusia, 8 Juli 2024. Foto/Sputnik/Sergei Bobylyov/REUTERS
A A A
MOSKOW - Kekuatan militer Rusia dan India jika berkoalisi menarik diketahui. Baru-baru ini, kedua pemimpin negara tersebut saling bertemu dan membahas banyak hal penting.

Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi berkunjung ke Rusia pada Senin (8/7/2024) untuk bertemu Vladimir Putin. Menariknya, kunjungan ini menjadi yang pertama baginya sejak 2019, tepatnya ketika menghadiri sebuah forum di Vladivostok.

Mengutip Al Jazeera, Modi dan Putin membahas banyak hal dalam pertemuan terbarunya, tak terkecuali soal anjuran damai penyelesaian perang Rusia-Ukraina.

Modi juga berharap pertemuan ini dapat memperkuat kerja sama energi dan pertahanan dengan Rusia yang belakangan cukup bergantung pada India untuk sebagian besar peralatan militernya.

Terlepas dari kerja sama pertahanan yang berlangsung di antara kedua negara, India dan Rusia punya militer mumpuni. Lalu, bagaimana kekuatannya jika mereka sampai berkoalisi?

Kekuatan Militer Rusia dan India Jika Bersatu

1. Jumlah Tentara


Rusia dan India masuk ‘Top 4’ pemeringkatan militer dari Global Fire Power (GFP). Moskow berada di urutan ke-2, sementara New Delhi bertengger di nomor 4.

Bicara soal kemampuan, salah satu kekuatan utama yang dimiliki kedua negara ini adalah jumlah tentara. Rusia memiliki 1,32 juta personel aktif dan India punya 1.455.550 tentara.

Jika digabungkan, koalisi ini akan memiliki tentara mencapai 2.775.550 tentara aktif. Hal ini belum termasuk jumlah tentara cadangan mencapai 3.155.000 dan pasukan paramiliter sebanyak 2.777.000.

2. Persenjataan Darat


Beralih ke persenjataan darat, Rusia dan India dibekali berbagai jenis berbeda seperti tank hingga artileri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)