AS Ingin Kerahkan Rudal Jarak Menengah ke Asia, China: Provokasi Terang-terangan!

Minggu, 23 Agustus 2020 - 11:28 WIB
loading...
A A A
Secara khusus dia menyatakan rudal jelajah jarak menengah non-nuklir yang diluncurkan dari darat, yang saat ini sedang dikembangkan di AS, dibutuhkan oleh negara-negara seperti Jepang di masa depan.

Rudal yang dimaksud memiliki jangkauan maksimum lebih dari 620 mil, yang berarti untuk digunakan secara efektif melawan China jika dikerahkan di Asia.

Hubungan antara China dan Barat telah memburuk secara tajam dalam beberapa bulan terakhir setelah pandemi virus corona, yang pertama kali muncul di kota Wuhan, China.

Politisi Inggris termasuk Tobias Ellwood, ketua Komite Pemilihan Pertahanan Parlemen, juga telah menyuarakan keprihatinan tentang perilaku Beijing yang semakin agresif di panggung dunia.

Saat ini, Barat fokus menyoroti apa yang mereka sebut sebagai militerisasi China di pulau-pulau sengketa di Laut China Selatan . (Baca juga: Situasi Laut China Menegangkan, Malaysia Tembak Mati Nelayan Vietnam )

Laporan media di China dan Vietnam kemarin menunjukkan China telah mengerahkan jet tempur dan setidaknya satu pembom ke Kepulauan Paracel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang, mengecam manuver pesawat pembom tersebut. "Fakta bahwa pihak terkait mengirim senjata dan pembom tidak hanya melanggar kedaulatan Vietnam tetapi juga membahayakan situasi di daerah tersebut," ujarnya yang menegaskan klaim Vietnam atas Kepulauan Paracel.

China sendiri mengklaim kedaulatan atas sekitar 90 persen perairan Laut China Selatan .
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1410 seconds (0.1#10.140)