Musuhan dengan China, Filipina Teken Pakta Pertahanan dengan Jepang

Senin, 08 Juli 2024 - 10:49 WIB
loading...
A A A
Insiden yang paling serius terjadi pada 17 Juni ketika personel Coast Guard China yang menggunakan pisau, tongkat, dan kapak mengepung dan menaiki tiga kapal Angkatan Laut Filipina selama misi pasokan ke Second Thomas Shoal di Kepulauan Spratly.

Seorang pelaut Filipina kehilangan jempolnya dalam bentrokan tersebut.

Tokyo dan Beijing juga berselisih mengenai pulau-pulau sengketa yang dikuasai Jepang di Laut China Timur.

"RAA penting karena akan memungkinkan Filipina meningkatkan interoperabilitas dengan mitra yang berpikiran sama,” kata analis geopolitik yang berbasis di Manila, Don McLain Gill.

“Ini juga akan melengkapi apa yang kami coba lakukan dalam hal meningkatkan kemitraan keamanan kami dalam jaringan dan juru bicara Amerika Serikat (AS).”

Washington telah memperkuat jaringan aliansinya di kawasan Asia-Pasifik untuk melawan kekuatan dan pengaruh militer China yang semakin besar, yang menurut para pejabat China merupakan upaya AS untuk menciptakan “NATO” di wilayah tersebut.

Para pemimpin dari Jepang, Filipina dan Amerika Serikat telah mengadakan pertemuan puncak trilateral pertama mereka pada bulan April yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan pertahanan di Washington.

Pertemuan ini diadakan setelah latihan militer empat arah yang melibatkan Australia di Laut China Selatan, yang membuat marah Beijing.

Filipina telah menjadi fokus utama upaya AS untuk membangun aliansi, karena posisinya di Laut China Selatan dan kedekatannya dengan Taiwan, yang diklaim China sebagai miliknya.

Dukungan Filipina akan sangat penting bagi Amerika jika terjadi konflik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1319 seconds (0.1#10.140)