Prancis Sebut Kesepakatan Abad Ini AS Tidak akan Bawa Perdamaian

Minggu, 09 Juni 2019 - 16:36 WIB
Prancis Sebut Kesepakatan Abad Ini AS Tidak akan Bawa Perdamaian
Prancis Sebut Kesepakatan Abad Ini AS Tidak akan Bawa Perdamaian
A A A
PARIS - Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian menyatakan, pihaknya tidak menyetujui rencana perdamaian Israel-Palestina yang digagas Amerika Serikat (AS), atau yang disebut juga kesepakatan abad ini. Le Drian menyebut, kesepakatan itu tidak akan membawa perdamaian dan ketenangan.

"Pendekatan Donald Trump terhadap masalah Israel-Palestina "mengindikasikan" rencana perdamaiannya, apa pun yang terjadi, tidak akan membuat kedua pihak bahagia," kata Le Drian dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (9/6).

Le Drian mencontohkan pengakuan sepihak Trump atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada tahun 2017. Dia menegaskan bahwa Prancis dan seluruh Uni Eropa, tetap menentang keputusan itu.

Terkait kesepakatan abad ini, pekan lalu Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dilaporkan ragu bahwa kesepakatan tersebut akan berhasil.
Dalam sebuah rekaman audio dari pertemuan pribadi antara Pompeo dan Israel yang diperoleh The Washington Post, Pompeo terdengar menyatakan bahwa rencana itu tidak dapat dieksekusi dan mungkin tidak mendapatkan daya tarik yang cukup.

"Mungkin ditolak. Bisa jadi pada akhirnya, orang-orang akan berkata, rencana ini tidak terlalu asli, itu tidak terlalu berhasil untuk mereka atau ada dua hal baik dan sembilan hal buruk dan mereka memutuskan keluar. "Pertanyaan besarnya adalah, bisakah kita mendapatkan ruang yang cukup sehingga kita dapat melakukan percakapan nyata tentang bagaimana membangun ini," kata Pompeo dalam rekaman itu.

Trump sendiri telah mengatakan, jika Pompeo mengatakan kesepakatan abad ini tidak akan berhasil, maka dia mungkin benar. Namun, Trump mengatakan, AS tetap akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4167 seconds (0.1#10.140)