CNN: Diklaim Dieksekusi, Negosiator Nuklir Kim Jong-un Masih Hidup

Selasa, 04 Juni 2019 - 13:26 WIB
CNN: Diklaim Dieksekusi, Negosiator Nuklir Kim Jong-un Masih Hidup
CNN: Diklaim Dieksekusi, Negosiator Nuklir Kim Jong-un Masih Hidup
A A A
SEOUL - Negosiator nuklir Korea Utara (Korut), yang dilaporkan surat kabar Korea Selatan telah dieksekusi rezim Kim Jong-un, masih hidup tetapi berada dalam tahanan. Menurut laporan CNN, negosiator tersebut sedang diselidiki terkait gagalnya pertemuan puncak di Hanoi antara pemimpin Korut dengan pemimpin Amerika Serikat (AS).

Ada serangkaian laporan yang saling bertentangan selama lima hari terakhir tentang perombakan dalam tim Korut yang mengarahkan negosiasi dengan Amerika Serikat setelah pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump di Hanoi Februari lalu gagal menghasilkan kesepakatan.

"Kim Hyok-chol, yang memimpin pembicaraan tingkat kerja Korea Utara menjelang pertemuan puncak Hanoi, masih hidup dan dalam penahanan negara," tulis CNN, mengutip beberapa sumber anonim, Selasa (4/6/2019)."Dia masih bisa menghadapi hukuman berat," lanjut laporan tersebut.

Laporan CNN Ini bertentangan dengan laporan oleh surat kabar Korea Selatan, Chosun Ilbo, yang pada hari Jumat mengatakan Kim Hyok-chol dieksekusi pada bulan Maret. Surat kabar itu mengutip sumber anonim Korut yang mengklaim mengetahui tentang situasi tersebut.

Laporan CNN hampir sinkron dengan laporan Reuters pekan lalu yang mengatakan Kim Hyok-chol menghadapi hukuman, tetapi tidak ada bukti bahwa dia telah dieksekusi.

Dalam laporannya, Chosun Ilbo juga menyebutkan negosiator nuklir Korut lainnya, Kim Yong-chol, telah dikirim ke kamp kerja paksa dan pendidikan ulang. Tidak disebutkan kapan dia dikirim ke sana.

Namun, media pemerintah Korea Utara, KCNA, pada hari Senin melansir foto Kim Yong-chol mendampingi Kim Jong-un menghadiri pertunjukan seni sehari sebelumnya. Kim Yong-chol yang dikenal sebagai tangan kanan Kim Jong-un itu merupakan mantan master mata-mata dan tetap menjadi bagian dalam struktur kekuatan rahasia Korea Utara.

CNN melaporkan bahwa Kim Yong-chol telah nyaris kehilangan kekuasaan sejak pertemuan puncak Hanoi, tetapi dia tidak menghadapi hukuman kerja paksa.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3787 seconds (0.1#10.140)