Penuntutan 2 Jenderal PLA Perlihatkan 'Penyakit' Serius di Militer China

Jum'at, 05 Juli 2024 - 15:29 WIB
loading...
A A A
Jenderal Wei mengambil alih pimpinan Korps Artileri Kedua PLA pada 2012 dan terus memimpin bagian penting dari persenjataan nuklir China setelah direstrukturisasi sebagai Pasukan Roket pada 2015.

Dengan gaya khas CCP, dakwaan terhadap dua jenderal PLA bertele-tele tetapi samar. Menurut Xinhua, tindakan mereka telah gagal mendapatkan kepercayaan dari Komite Sentral CCP dan Komisi Militer Pusat, dan telah mencemari lingkungan politik militer, membawa kerusakan besar pada tujuan partai, pengembangan pertahanan nasional dan angkatan bersenjata, serta citra pejabat senior.

Pemecatan dua jenderal dan hilangnya mereka bertepatan dengan pemecatan sembilan jenderal lainnya dari Kongres Rakyat Nasional pada Desember 2023, termasuk komandan sebelumnya dan yang masih menjabat dari Pasukan Roket PLA dan Angkatan Udara, serta beberapa pejabat Komisi Militer Pusat di Departemen Pengembangan Peralatan. Pemecatan singkat mereka telah mengirimkan gelombang kejut di militer China.

Korupsi di militer China telah menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan PLA dalam mencapai tujuan militer dan mencapai target "peremajaan besar" seperti yang dibayangkan Presiden Xi.

Federasi Ilmuwan Amerika telah menyatakan dalam surat terbuka kepada Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin bahwa jika kelemahan ini benar, akan membahayakan operasi militer China dan menimbulkan kekhawatiran bahwa informasi pemerintah AS tentang persenjataan China mungkin tidak akurat atau dapat diandalkan. Namun, hingga saat ini militer AS tidak lengah dan tidak mengubah apa pun tentang kebijakan nuklirnya.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1601 seconds (0.1#10.140)