Qatar Tolak Sikap KTT Makkah Soal Iran, UEA dan Bahrain Kesal

Selasa, 04 Juni 2019 - 02:17 WIB
Qatar Tolak Sikap KTT Makkah Soal Iran, UEA dan Bahrain Kesal
Qatar Tolak Sikap KTT Makkah Soal Iran, UEA dan Bahrain Kesal
A A A
ABU DHABI - Bahrain dan Uni Emirat Arab (UEA) melemparkan kecaman keras kepada Qatar. Kecaman ini terkait dengan keberatan Qatar dengan hasil KTT darurat di Makkah yang menyuarakan sikap keras terhadap Iran.

Menteri Luar Negeri UEA, Anwar Gargash, seperti dilansir Arab News pada Selasa (4/6), mengatakan perubahan posisi Qatar mengenai hasil pertemuan tersebut menunjukan kelemahan dan kurangnya kredibilitas negara tersebut.

"Tampaknya bagi saya untuk menghadiri dan menyetujui dalam pertemuan kemudian menarik kembali apa yang disepakati adalah hasil dari tekanan pada orang-orang rentan yang kehilangan kedaulatan mereka, niat buruk atau kurangnya kredibilitas, dan faktor-faktor ini dapat digabungkan," ucap Gargash.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Bahrain, Sheikh Khalid Al-Khalifa, mengatakan langkah itu menunjukkan kelemahan hubungan Qatar dengan tetangganya. Dia mengatakan Qatar tidak responsif terhadap tuntutan adil yang diajukan oleh negara tetangganya, yang menyebabkan terus bergulirnya krisis.

"Kami tidak tertarik memperpanjang krisis Qatar, tetapi tidak menginginkan solusi setelah tidak bersepakat dengan saudara-saudaranya, masalah yang sama sekali tidak mengurangi manfaat dari warga Qatar yang bersaudara yang akan tetap menjadi bagian integral dari masyarakat Teluk yang negaranya dan orang-orang dihubungkan oleh kesatuan tujuan dan nasib bersama," ungkapnya.

Sebelumnya, Saudi mengaku tidak terkejut penolakan Qatar dengan hasil KTT darurat di Makkah. Menurut Riyadh, setiap negara memiliki hak untuk menyampaikan posisinya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5054 seconds (0.1#10.140)