alexametrics

Presiden Trump: Saya Harap AS Tak Perang dengan Iran

loading...
Presiden Trump: Saya Harap AS Tak Perang dengan Iran
Presiden Trump: Saya Harap AS Tak Perang dengan Iran
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Donald Trump menanggapi dengan tajam pertanyaan apakah Amerika Serikat (AS) benar-benar akan perang dengan Iran. Pertanyaan itu bermunculan setelah Washington mengerahkan kapal induk dan pesawat pengebom ke Timur Tengah dan menuduh Teheran bersiap menyerang pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah.

"Saya harap tidak," kata presiden Trump di Gedung Putih, hari Kamis, ketika menjawab pertanyaan wartawan soal kemungkinan perang, seperti dikutip Reuters, Jumat (17/5/2019).

Jawaban singkat pemimpin Gedung Putih itu keluar ketika ia sedang bersiap untuk menyambut kunjungan Presiden Swiss Ueli Maurer. Swiss, yang menjadi negara netral, selama ini menjadi saluran diplomatik antara Washington dan Teheran.



Kekhawatiran akan pecahnya perang kedua negara itu juga dipicu dengan penarikan sejumlah staf diplomatik AS dari kedutaan besarnya di Baghdad setelah serangan akhir pekan terhadap empat kapal tanker minyak di Teluk. (Baca: Koran Arab Saudi Serukan AS Lakukan Serangan Bedah terhadap Iran)

Swiss, negara netral, secara historis menjadi penghubung antara Amerika Serikat dan Iran yang tidak memiliki hubungan diplomatik.

Ketua Parlemen AS Nancy Pelosi menyambut komentar Trump yang dia sebut sebagai kurang minatnya Washington terhadap konflik militer dengan Teheran.

Namun, sikap Trump sulit ditebak. Dia sebelumnya terang-terangan siap untuk mengerahkan banyak pasukan darat Amerika Serikat untuk mengatasi Iran jika diperlukan, meski rencana itu dia klaim belum ada.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak