Pasukan Korut Lintasi Perbatasan, Tentara Korea Selatan Lepas Tembakan Peringatan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 10:29 WIB
loading...
Pasukan Korut Lintasi Perbatasan, Tentara Korea Selatan Lepas Tembakan Peringatan
Pos jaga Korea Utara terlihat dari pos pengamatan Korea Selatan di Area Keamanan Bersama (JSA) di Zona Demiliterisasi (DMZ) di desa perbatasan Panmunjom di Paju, Korea Selatan, 3 Maret 2023. Foto/JEON HEON-KYUN/REUTERS
A A A
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) melepaskan tembakan peringatan saat tentara Korea Utara (Korut) yang berpatroli di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan kedua Korea telah menyeberangi perbatasan ke Korea Selatan.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap melaporkan kejadian itu pada Jumat (21/6/2024), mengutip Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan.

“Tentara Korea Utara sempat melintasi garis demarkasi militer di bagian tengah DMZ sekitar pukul 11 pagi waktu setempat (02:00 GMT) pada Kamis tetapi kembali ke sisi Korea Utara saat militer Korea Selatan melepaskan tembakan peringatan,” ungkap laporan tersebut.

Laporan tersebut mengutip seorang pejabat JCS yang mengatakan kepada wartawan bahwa insiden tersebut tampaknya tidak disengaja karena tentara Korea Utara terus bekerja hingga larut malam setelah mereka kembali ke sisi perbatasan Korea Utara.

"Situasi serupa mungkin terjadi ke depannya saat tentara Korea Utara melakukan aktivitas di beberapa lokasi di dalam DMZ," ungkap pejabat tersebut, dilansir Yonhap.

Insiden tersebut menandai pelanggaran perbatasan ketiga oleh tentara Korea Utara bulan ini, menyusul dua insiden serupa pada 9 Juni dan 18 Juni.

Laporan tersebut mengutip pernyataan JSC bahwa kedua kasus tersebut juga tampaknya tidak disengaja.

(sya)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)
pixels