Taiwan Belajar dari Ukraina untuk Bersiap Hadapi Serangan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 09:00 WIB
loading...
Taiwan Belajar dari Ukraina untuk Bersiap Hadapi Serangan
Wakil Presiden Taiwan Hsiao Bi-khim. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Taiwan tengah mempelajari taktik yang digunakan militer Ukraina terhadap Rusia dalam persiapannya menghadapi serangan potensial.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Presiden Taiwan Hsiao Bi-khim.

Komentarnya muncul saat Presiden Taiwan Lai Ching-te menyuarakan kekhawatiran bahwa China diduga telah menguraikan “aneksasi dan penghapusan Republik China (Taiwan) pulau itu sebagai tujuan besar untuk meremajakan rakyatnya,” yang menunjukkan daratan China tidak akan berhenti untuk menguasai pulau itu.

China masih melihat Taiwan sebagai bagian yang tidak dapat dicabut dari wilayahnya.

Berbicara di acara yang diselenggarakan Chatham House, lembaga pemikir Inggris, di London pada Selasa, Bi-khim menegaskan Taiwan harus mereformasi dan mendesentralisasikan struktur komando militernya.

Dia menambahkan, “Pemerintah secara aktif belajar dari pertahanan Ukraina, di mana pasukan tempur yang lebih kecil telah terbukti gesit dan mudah beradaptasi.”

Wakil presiden, yang terpilih bulan lalu, lebih lanjut mengklaim "rezim otoriter" berusaha "mempengaruhi dan mengacaukan negara lain melalui operasi hibrida seperti perang politik, intrusi siber, pemaksaan ekonomi, dan ancaman kekuatan militer."



Mengingat ancaman yang diduga ini, Bi-khim menyatakan pemerintah Taiwan telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan kemampuannya dalam bereaksi jika terjadi serangan.

Langkah-langkah tersebut termasuk menggandakan anggaran pertahanan pulau itu, memperpanjang wajib militer dari empat bulan menjadi satu tahun, memprioritaskan perolehan senjata baru, dan langkah-langkah lain, yang beberapa di antaranya terinspirasi oleh Ukraina, menurut dia.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)
pixels