Mengulik Sejarah Hubungan Rusia dan Korut, Ternyata Tidak Selalu Mesra

Kamis, 20 Juni 2024 - 16:15 WIB
loading...
A A A

6. Hubungan Semakin Buruk dengan Runtuhnya Uni Soviet


Uni Soviet runtuh pada 1991. Kondisi ini membuat Korea Utara kehilangan beberapa bantuan dalam bidang ekonomi dan keamanan.

Pemerintahan pasca-komunis di Moskow yang dipimpin oleh Presiden Boris Yeltsin juga tidak menunjukkan antusiasme untuk mendukung Korea Utara.

Sebaliknya, ia menjalin hubungan diplomatik formal dengan Seoul dan mencoba membiarkan aliansi militer era Soviet dengan Korea Utara berakhir.

7. Angin Segar dari Vladimir Putin


Kim Il-sung meninggal dunia pada 1994 dan membuat Korea Utara mengalami krisis. Kemudian, di awal 2000-an muncul nama Vladimir Putin dalam tampuk kepemimpinan Rusia.

Menariknya, Putin secara aktif berupaya memulihkan hubungan Rusia dengan Korea Utara. Ia sempat mengunjungi Pyongyang pada Juli tahun itu untuk bertemu dengan Kim Jong-il, pemimpin Korea Utara generasi kedua.

Kunjungan tersebut dipandang sebagai pernyataan Rusia bahwa pihaknya akan memulihkan hubungan dengan Korut.
Alasannya karena terjadi perbedaan pendapat antara Moskow dan negara-negara Barat mengenai isu-isu keamanan utama.

8. Naiknya Kim Jong-un


Pada 2011, Kim Jong-il meninggal dunia dan digantikan oleh putranya, Kim Jong-un. Sekitar 2012, Rusia setuju menghapuskan 90% utang Korea Utara yang diperkirakan berjumlah USD11 miliar.

Namun, Kim Jong-un justru berupaya mempercepat uji coba nuklir dan rudal Korea Utara. Rusia waktu itu masih mendukung sanksi ketat Dewan Keamanan PBB yang mencakup pembatasan pasokan minyak hingga tindakan keras terhadap ekspor tenaga kerja negara tersebut.

Kemudian, Kim Jong-un berupaya meningkatkan hubungan dengan sekutu lamanya, China dan Rusia. Pada April 2019, ia bersama Vladimir Putin berjanji memperluas kerja sama.

9. Invasi Rusia ke Ukraina


Pada 2022, Korea Utara memanfaatkan invasi Rusia terhadap Ukraina. Pyongyang beralih menuju pihak Moskow dan menyalahkan Amerika Serikat atas konflik tersebut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)
pixels