Intip Kekuatan Militer Israel vs Arab Saudi, Siapa yang Unggul?

Sabtu, 29 Juni 2024 - 19:15 WIB
loading...
Intip Kekuatan Militer Israel vs Arab Saudi, Siapa yang Unggul?
Tentara Arab Saudi berbaris di depan deretan persenjataan. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Perbandingan kekuatan militer Israel vs Arab Saudi menarik diketahui. Keduanya sama-sama berstatus negara kuat di kawasan Timur Tengah.

Belakangan, viral sejumlah foto yang memperlihatkan sekelompok tentara Zionis yang mengibarkan bendera Israel sambil berdiri menginjak bendera Arab Saudi.

Pemandangan tersebut memicu kemarahan komunitas Muslim di media sosial. Beberapa di antaranya bahkan meminta pemerintah Arab Saudi untuk menyelidiki masalah tersebut dan menindaknya dengan tegas apabila terbukti kebenarannya.

Melihat ke belakang, Arab Saudi dan Israel pernah terlibat perang. Dulunya, Riyadh tergabung dalam koalisi negara Arab yang menentang pendirian negara Yahudi Israel pada 1948.

Seiring waktu, kekuatan militer di antara Israel dan Arab Saudi telah mengalami banyak kemajuan. Untuk saat ini, manakah yang lebih unggul?

Kekuatan Militer Israel vs Arab Saudi

1. Peringkat Militer


Mengacu pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024, Israel ternyata mengungguli Arab Saudi. Tel Aviv menduduki peringkat ke-17 dari 145 negara yang masuk daftar.

Sementara untuk Arab Saudi, mereka berada di urutan ke-23. Peringkatnya masih di bawah sejumlah negara mayoritas lain seperti Mesir dan Iran.

2. Jumlah Tentara


Beralih ke jumlah tentara, Israel memiliki personel aktif mencapai 170 ribu. Sementara Arab Saudi punya lebih banyak, yakni 257 ribu.

Namun, Israel memiliki tentara cadangan sebanyak 465 ribu dan unit paramiliter mencapai 35 ribu. Sementara Arab Saudi hanya punya pasukan paramiliter berjumlah 150 ribu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0814 seconds (0.1#10.140)
pixels