Kata Macron, Ukraina Tak Boleh Menyerah pada Tuntutan Rusia

Minggu, 16 Juni 2024 - 13:38 WIB
loading...
A A A
Macron telah menjadi pendukung utama keterlibatan NATO yang lebih dalam dalam konflik tersebut, dan menyerukan koalisi negara-negara pro-Kyiv untuk mengirim pelatih militer ke Ukraina.

Dia juga menyarankan agar anggota NATO tidak mengesampingkan pengerahan personel militer pada suatu saat nanti.

Para pejabat Rusia mengeklaim bahwa para pemimpin Barat menggagalkan perjanjian perdamaian tentatif antara Moskow dan Kyiv pada Maret 2022 yang akan mengakhiri pertempuran hanya beberapa minggu setelah dimulai.

Sementara itu, New York Times melaporkan para pemimpin AS dan Polandia terkejut ketika mereka melihat rancangan perjanjian perdamaian tahun 2022, yang dinegosiasikan di Istanbul.

Surat kabar tersebut memuat tiga dokumen yang disebut-sebut berasal dari perundingan, termasuk teks perjanjian yang diusulkan oleh pihak Ukraina.

Menurut dokumen tersebut, Ukraina menyetujui proposal tersebut untuk menjanjikan “netralitas permanen” dengan imbalan jaminan keamanan dari AS, Inggris, Prancis, Rusia, dan China.

Rencana tersebut tidak diterima dengan baik oleh para pejabat AS, yang melihatnya sebagai “pelucutan senjata sepihak”.

Putin mengatakan pada hari Jumat bahwa Moskow akan memerintahkan gencatan senjata dan memulai perundingan perdamaian jika Kyiv menyetujui beberapa syarat, termasuk penyerahan kelima wilayah bekas Ukraina yang memberikan suara dalam referendum untuk menjadi bagian dari Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky langsung menolak tawaran tersebut dan menyebutnya sebagai “ultimatum”.
(mas)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)
pixels