Trump Kirim Ucapan Selamat Ulang Tahun Pendiri Korut kepada Jong-un

Jum'at, 19 April 2019 - 10:19 WIB
Trump Kirim Ucapan Selamat Ulang Tahun Pendiri Korut kepada Jong-un
Trump Kirim Ucapan Selamat Ulang Tahun Pendiri Korut kepada Jong-un
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dilaporkan mengirim ucapan selamat ulang tahun pemimpin pendiri Korea Utara (Korut) Kim Il-sung awal pekan ini.

Dalam wawancara dengan media AS, PBS, Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton menjelaskan bagaimana Trump bekerja untuk menjaga hubungan baik dengan pemimpin Korut Kim Jong-un.

Bolton mengatakan bahwa Trump mengirimkan gambar dan surat kepada Kim Jong-un, dan juga mengucapkan selamat ulang tahun Kim Jong-il, yang merupakan kakek dari pemimpin Korut itu. Senin menandai ulang tahun ke-107 Kim Il-sung, hari libur nasional utama di Korut.

Bolton tidak merinci apakah Trump mengirim surat ucapan selamat sederhana atau pesan khusus mengenai negosiasi nuklir bilateral, yang tetap menemui jalan buntu sejak runtuhnya KTT Trump-Kim kedua di Hanoi pada bulan Februari seperti dikutip dari KBS, Jumat (16/4/2019).

Trump selama ini kerap membanggakan hubungan baiknya dengan Kim Jong-un. Hal itu diungkapkannya dalam beberapa kesempatan.

Negosiasi nuklir antara AS dan Korut terhenti sejak pertemuan antara Kim Jong-un dan Presiden Donald Trump berakhir tanpa kesepakatan pada Februari lalu di Hanoi, Vietnam.

Trump ingin Jong-un untuk sepenuhnya menanggalkan program senjata nuklirnya dengan imbalan bantuan sanksi. Sementara Jong-un hanya menawarkan langkah terbatas menuju denuklirisasi.

Pekan lalu, Jong-un mengatakan dia terbuka untuk KTT lain dengan Trump, tetapi memperingatkan dia hanya akan memberikan AS sampai akhir tahun untuk mengubah "pendekatan" untuk negosiasi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3792 seconds (0.1#10.140)