7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Minggu, 16 Juni 2024 - 23:55 WIB
loading...
A A A
Israel, kata Abu Al-Hijaa, bertujuan untuk mencabut jaringan pendukung ini melalui pembunuhan, penghancuran infrastruktur, dan pembongkaran rumah, menjadikan kamp tersebut tidak dapat dihuni dalam upaya untuk menggusur penduduknya secara bertahap.

“Alasan mengapa penggerebekan terhadap Jenin dan kamp-kamp lainnya meningkat setelah serangan 7 Oktober adalah karena Israel menggunakan fokus global di Gaza untuk melenyapkan kelompok militan Palestina dan upaya perlawanan di Tepi Barat, yang telah menjadi sumber kekhawatiran bagi Tel Aviv," dia menambahkan.

Dia menggambarkan dukungan masyarakat di Tepi Barat lemah karena, tidak seperti Gaza, wilayah tersebut merupakan lapangan terbuka bagi pasukan pendudukan, sehingga memungkinkan tentara Israel untuk bergerak bebas dan dengan cepat menindak penduduk sipil.

“Pembongkaran kelompok pejuang secara sistematis yang dilakukan Israel bukanlah satu-satunya tantangan yang dihadapi para pejuang ini,” tambahnya. “Kelompok ini sebagian besar terdiri dari laki-laki muda, karena kurangnya sumber daya, pelatihan, dan pengalaman karena kurangnya kepemimpinan veteran yang bersatu. Hal ini terkadang dapat menyebabkan operasi yang berbahaya dan tidak bijaksana.”

Namun Abu Al-Hijaa juga menyoroti peningkatan kinerja kelompok-kelompok ini selama beberapa bulan terakhir.

“Konfrontasi yang tidak terlalu kacau dan mematikan dengan pasukan Israel selama serangan baru-baru ini, dan alat peledak improvisasi (IED) yang digunakan terhadap kendaraan Israel menjadi lebih efektif,” jelasnya.

6. Bersumpah Tidak Mau Jadi Pengungsi Lagi

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Para pengungsi di Jenin, yang mengungsi pada Nakba tahun 1948, telah bersumpah untuk “tidak akan pernah menjadi pengungsi lagi,” menurut Jamal Huweil, anggota Dewan Revolusi Fatah dan penduduk asli kamp pengungsi.

“Siapapun yang melanggar kesucian kamp harus menanggung akibatnya. Ini adalah hak kami dan kewajiban agama, moral, dan hukum kami untuk membela diri,” katanya. “Pemuda Jenin mengorbankan hidup mereka demi kebebasan rakyatnya.

“Tetapi situasinya berbeda sekarang. Selama Intifada Kedua, ada persatuan nasional dan dukungan resmi dari Presiden Yasser Arafat. Saat ini, kita memiliki generasi muda yang bersatu dari semua faksi, yang berhasil mengatasi perpecahan politik namun masih menghadapi tantangan baik dari Otoritas Palestina maupun otoritas Israel.”

7. Tidak Mempedulikan Perpecahan Hamas dan Fatah

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Setelah Hamas merebut kendali Gaza dari pasukan Presiden Mahmoud Abbas pada tahun 2007, Otoritas Palestina (PA) telah bekerja sama dengan Israel untuk menumpas faksi militan Islam dan mempertahankan dominasi partai nasionalis sekuler Fatah di Tepi Barat, sebuah langkah yang sebagian besar mengasingkan Palestina. badan pemerintahan dari rakyat dan para pemimpin PA Fatah dari jajaran muda mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)