7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Minggu, 16 Juni 2024 - 23:55 WIB
loading...
7 Alasan Kamp Pengungsi...
Kamp pengungsi Jenin jadi benteng perlawanan Palestina melawan Israel. Foto/AP
A A A
GAZA - Di Jenin, sebuah kota di wilayah utara Tepi Barat yang diduduki, para pemuda bersenjata berpatroli di jalan-jalan kamp pengungsi yang berkelok-kelok dan dipenuhi puing-puing, melakukan shift tanpa tidur.

Mereka memasang penghalang jalan di titik-titik penahan, dan memperkuat barikade besi yang tersebar di pintu masuk, semuanya di upaya untuk menghalangi peningkatan serangan militer Israel.

Mohammed Al-Sabbagh, ketua Komite Rakyat di kamp Jenin, mengatakan kepada The New Arab bahwa sejak 7 Oktober tentara Israel telah membunuh sekitar 75 warga Palestina di Jenin, menghancurkan sekitar 47 rumah dan toko, dan ratusan lainnya rusak sebagian.

“Sekitar 115 keluarga telah direlokasi sementara ke luar kamp,” kata Al-Sabbagh. “Setiap rumah di kamp Jenin telah mengalami kehancuran dan vandalisme oleh penjajah, yang mendobrak pintu untuk meneror dan menjarah orang-orang yang tidak bersalah.”

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

1. Tentara Israel Makin Intensif Menyerang Jenin

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Israel telah melakukan total 74 serangan di Jenin sejak serangan yang dipimpin Hamas pada 7 Oktober dan perang brutal yang terjadi setelahnya. Dua serangan terakhir terjadi akhir bulan lalu, termasuk operasi darat selama 40 jam pada tanggal 21 Mei yang mengakibatkan kematian 12 warga Palestina dan melukai 25 lainnya.

Operasi kedua dilakukan pada tanggal 26 Mei, dengan 30 kendaraan militer menyerbu Jenin, menempatkan pasukan di beberapa bagian kamp, dan melibas infrastruktur di Jalan Sika setelah terlibat dengan militan bersenjata di kamp tersebut.

2. Warisan Perlawanan Sudah Mendarah Daging

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Pertempuran antara pejuang Jenin dan tentara Israel telah menjadi pemandangan yang akrab bagi para penghuni kamp, banyak dari mereka telah kehilangan rumah dan orang-orang yang mereka cintai akibat serangan Israel selama bertahun-tahun. Namun, warisan perlawanan bersenjata terhadap pendudukan militer Israel ini sudah ada jauh sebelum tanggal 7 Oktober.

“Kamp Jenin secara konsisten menjadi pusat perlawanan sejak didirikan,” kata peneliti Kamal Jabr. “Kamp ini memainkan peran penting selama Intifada Pertama dan menjadi saksi munculnya Jihad Islam dan Hamas pada awal tahun 1990an.”

3. Jadi Pusat Perlawanan Rakyat Palestina

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Sepanjang Intifada Kedua, penduduk Jenin terus menjadi pusat upaya perlawanan, khususnya selama Pertempuran Jenin tahun 2002, ketika pasukan Israel melancarkan serangan besar-besaran yang menghancurkan 400 rumah dan menewaskan 52 warga Palestina.

“Dari tanggal 3 hingga 18 April 2002, serangan tentara Israel menyebabkan kamp tersebut hancur,” kata Jabr. “Tetapi kegigihan masyarakatnya mengokohkan status Jenin sebagai simbol perlawanan Palestina.”

Baru-baru ini, Jenin telah menjadi target operasi Israel di Tepi Barat yang diduduki setelah ‘Intifada Persatuan’ pada tahun 2021, yang dipicu oleh upaya untuk mengusir beberapa keluarga Palestina dari rumah leluhur mereka di lingkungan Sheikh Jarrah.

Hamas menanggapinya dengan meluncurkan roket ke Israel dalam apa yang dipopulerkan sebagai pertempuran 'Pedang Yerusalem' pada bulan Mei tahun yang sama. Tentara Israel membalas dengan serangan 11 hari di Gaza.


4. Tempat Lahirnya Brigade Jenin

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Setelah terjadinya ‘Pedang Yerusalem’, Jenin menjadi landasan peluncuran dan pusat operasi Brigade Jenin, Sarang Singa, dan kelompok pejuang pimpinan pemuda lainnya yang bentrok dengan tentara Israel dalam beberapa penggerebekan.

“Gelombang perlawanan baru di kamp Jenin dimulai dengan pertempuran Pedang Yerusalem,” kata pakar gerakan militan Palestina Ahmad Abu Al-Hijaa kepada The New Arab. “Konflik tersebut menghidupkan kembali perlawanan di Jenin.

“Setelah peristiwa Sheikh Jarrah, perlawanan di dalam kamp dimulai dengan demonstrasi dan konfrontasi dengan tentara Israel, kemudian beralih ke pemberontakan bersenjata, yang berpuncak pada pembentukan sel militer untuk faksi-faksi utama, terutama Brigade Martir Al-Aqsa dari Fatah. , Brigade Al-Qassam Hamas, dan Brigade Jihad Islam Al-Quds.”

Kelompok-kelompok baru ini terdiri dari para pejuang muda yang terorganisir secara longgar dan terkait dengan faksi-faksi utama Palestina, melampaui garis pemisah konvensional yang secara historis memisahkan mereka. Komunitas kelompok militan yang kohesif ini telah menjadi “duri yang tertanam jauh di pihak Israel,” menurut Abu Al-Hijaa.

“Di Jenin, tidak ada kekurangan pejuang bersenjata,” katanya kepada The New Arab. “Meskipun terjadi pembunuhan, pembunuhan, dan penangkapan, kamp tersebut hampir selalu menghasilkan gelombang baru, yang memastikan jumlah perlawanan meningkat.”

5. Mengembangkan Perlawanan Terorganisir

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Aspek penting lainnya dari perlawanan terorganisir di kamp Jenin, seperti yang disoroti oleh Abu Al-Hijaa, adalah statusnya sebagai tempat perlindungan bagi para pejuang dari kota-kota di provinsi Jenin dan sekitarnya.

“Banyak pejuang dari berbagai kota datang ke Jenin untuk mencari perlindungan, dan puluhan orang menjadi martir di kamp tersebut selama bertahun-tahun,” tambahnya.

Israel, kata Abu Al-Hijaa, bertujuan untuk mencabut jaringan pendukung ini melalui pembunuhan, penghancuran infrastruktur, dan pembongkaran rumah, menjadikan kamp tersebut tidak dapat dihuni dalam upaya untuk menggusur penduduknya secara bertahap.

“Alasan mengapa penggerebekan terhadap Jenin dan kamp-kamp lainnya meningkat setelah serangan 7 Oktober adalah karena Israel menggunakan fokus global di Gaza untuk melenyapkan kelompok militan Palestina dan upaya perlawanan di Tepi Barat, yang telah menjadi sumber kekhawatiran bagi Tel Aviv," dia menambahkan.

Dia menggambarkan dukungan masyarakat di Tepi Barat lemah karena, tidak seperti Gaza, wilayah tersebut merupakan lapangan terbuka bagi pasukan pendudukan, sehingga memungkinkan tentara Israel untuk bergerak bebas dan dengan cepat menindak penduduk sipil.

“Pembongkaran kelompok pejuang secara sistematis yang dilakukan Israel bukanlah satu-satunya tantangan yang dihadapi para pejuang ini,” tambahnya. “Kelompok ini sebagian besar terdiri dari laki-laki muda, karena kurangnya sumber daya, pelatihan, dan pengalaman karena kurangnya kepemimpinan veteran yang bersatu. Hal ini terkadang dapat menyebabkan operasi yang berbahaya dan tidak bijaksana.”

Namun Abu Al-Hijaa juga menyoroti peningkatan kinerja kelompok-kelompok ini selama beberapa bulan terakhir.

“Konfrontasi yang tidak terlalu kacau dan mematikan dengan pasukan Israel selama serangan baru-baru ini, dan alat peledak improvisasi (IED) yang digunakan terhadap kendaraan Israel menjadi lebih efektif,” jelasnya.

6. Bersumpah Tidak Mau Jadi Pengungsi Lagi

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Para pengungsi di Jenin, yang mengungsi pada Nakba tahun 1948, telah bersumpah untuk “tidak akan pernah menjadi pengungsi lagi,” menurut Jamal Huweil, anggota Dewan Revolusi Fatah dan penduduk asli kamp pengungsi.

“Siapapun yang melanggar kesucian kamp harus menanggung akibatnya. Ini adalah hak kami dan kewajiban agama, moral, dan hukum kami untuk membela diri,” katanya. “Pemuda Jenin mengorbankan hidup mereka demi kebebasan rakyatnya.

“Tetapi situasinya berbeda sekarang. Selama Intifada Kedua, ada persatuan nasional dan dukungan resmi dari Presiden Yasser Arafat. Saat ini, kita memiliki generasi muda yang bersatu dari semua faksi, yang berhasil mengatasi perpecahan politik namun masih menghadapi tantangan baik dari Otoritas Palestina maupun otoritas Israel.”

7. Tidak Mempedulikan Perpecahan Hamas dan Fatah

7 Alasan Kamp Pengungsi Jenin Jadi Benteng Perlawanan Palestina Melawan Israel

Foto/AP

Setelah Hamas merebut kendali Gaza dari pasukan Presiden Mahmoud Abbas pada tahun 2007, Otoritas Palestina (PA) telah bekerja sama dengan Israel untuk menumpas faksi militan Islam dan mempertahankan dominasi partai nasionalis sekuler Fatah di Tepi Barat, sebuah langkah yang sebagian besar mengasingkan Palestina. badan pemerintahan dari rakyat dan para pemimpin PA Fatah dari jajaran muda mereka.

“Jenin telah bergerak melampaui perpecahan politik ini,” kata Huweil, menyoroti kedekatannya dengan mendiang pemimpin Hamas Wasfi Qabha. “Ketika pendudukan mencoba menangkap Qabha, para pejuang dari Fatah, Jihad Islam, dan Hamas membelanya. Dia berlindung di rumah saya selama hampir empat bulan.

“Persatuan di Jenin inilah yang paling membuat takut warga Israel, dan itulah sebabnya pendudukan berupaya membuat kamp tersebut tidak dapat dihuni,” jelasnya. “Tetapi masyarakat terus melakukan pembangunan kembali, dan perlawanan terus berlanjut.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1131 seconds (0.1#10.140)