UEA Sambut Veto Trump Soal Perang Yaman

Rabu, 17 April 2019 - 15:32 WIB
UEA Sambut Veto Trump Soal Perang Yaman
UEA Sambut Veto Trump Soal Perang Yaman
A A A
ABU DHABI - Menteri Negara Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Anwar Gargash memuji veto Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump atas resolusi kongres yang berupaya mengakhiri keterlibatan AS dalam perang yang dipimpin Arab Saudi di Yaman. Gargash menyebut veto ini adalah bentuk dukungan Trump terhadap koalisi Arab.

"Pernyataan dukungan Trump terhadap Koalisi Arab di Yaman adalah sinyal positif. Keputusan itu tepat waktu dan strategis," ucap Gargash dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Rabu (17/4).

Langkah ini awalnya diperkenalkan di Senat dan disponsori bersama oleh Senator Bernie Sanders, yang memunculkan resolusi "War Powers", sebuah undang-undang federal yang memberi Kongres kekuatan untuk memeriksa presiden ketika dia menjerumuskan AS dalam konflik bersenjata.

Sebelumnya diwartakan, dalam sebuah pernyataan paska menjatuhkan veto, Trump menuturkan resolusi tersebut adalah sebuah langkah yang sangat berbahaya.

"Resolusi ini adalah upaya berbahaya yang tidak perlu untuk melemahkan otoritas konstitusional saya, membahayakan kehidupan warga Amerika dan anggota layanan yang berani, baik hari ini dan di masa depan," kata Trump.

Sementara itu, Sanders, sebagai salah satu perancang resolusi ini mengaku kecewa dengan keputusan yang diambil oleh Trump. "Saya benar-benar kecewa, tapi tidak terkejut," kata Sanders melalui aku Twitternya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3463 seconds (0.1#10.140)