Bangun Kembali Notre-Dame, Para Donatur Janjikan Rp11 Triliun

Rabu, 17 April 2019 - 00:18 WIB
Bangun Kembali Notre-Dame, Para Donatur Janjikan Rp11 Triliun
Bangun Kembali Notre-Dame, Para Donatur Janjikan Rp11 Triliun
A A A
PARIS - Para donatur top dunia dan Prancis ramai-ramai menjanjikan sumbangan untuk membangun kembali katedral Notre-Dame di Paris yang terbakar pada Senin malam. Landmark Paris itu hancur oleh kobaran api, termasuk menara ikonik-nya.

Kebakaran ini menjadi kerugian bagi Prancis, terutama Paris.

Presiden Emmanuel Macron telah berjanji untuk membangun kembali mahakarya gothic tersebut. Para donatur yang ramai-ramai menjanjikan sumbangan besar itu berasal dari perusahaan swasta dunia dan pemerintah setempat.

Berikut para donatur yang telah menjanjikan sumbangan besar untuk membangun gereja bersejarah, sebagaimana dikutip Reuters, Rabu (17/4/2019);

LVMH


Keluarga pengusaha miliarder Prancis, Bernard Arnault dan grup perusahaan barang-barang mewah LVMH mengatakan mereka akan menyumbangkan 200 juta euro (Rp3,1 triliun) untuk membantu memperbaiki katedral.

Kering


Francois Henri Pinault, yang mengepalai perusahaan barang mewah Kering, menjanjikan 100 juta euro (Rp1,5 triliun) melalui holding Artemis-nya

L'Oreal


Grup kosmetik dan mewah Prancis, L'Oreal, bersama keluarga Bettencourt Meyer dan yayasan Bettencourt Schueller, akan menyumbangkan total 200 juta euro (Rp3,1 triliun).

Total


Perusahaan minyak Prancis Total mengatakan akan menyumbangkan 100 juta euro (Rp1,5 triliun).

Fimalac


Marc Ladreit de Lacharriere, Founder dan CEO Fimalac yang menjalankan lembaga pemeringkat Fitch, menjanjikan sumbangan 10 juta euro (Rp158 miliar)

Vinci


Kelompok konstruksi Vinci meminta semua perusahaan bangunan di Prancis untuk bergabung untuk memperbaiki katedral dalam "industry-wide skills sponsorship drive".

Bouygues


Martin Bouygues dan saudara lelakinya Olivier, yang mengawasi sebuah telekomunikasi untuk konglomerat konstruksi, berjanji untuk menyumbangkan 10 juta euro (Rp158 miliar). Kelompok Bouygues secara terpisah mengatakan siap bergabung dengan "skills sponsorship drive".

JCDecaux


Grup iklan luar ruang Prancis menjanjikan 20 juta euro (Rp317 miliar).

Societe Generate

Bank Societe Generate menjanjikan 10 juta euro (Rp158 miliar).
Retailer


Retailer Prancis mengatakan toko Franprix dan Monoprix akan menerapkan operasi pembulatan harga untuk mendukung yayasan guna membantu perbaikan gereja.

Apple


CEO Apple Tim Cook mengatakan di Twitter bahwa perusahaan tersebut akan menyumbangkan jumlah yang tidak ditentukan untuk upaya pembangunan kembali gereja.

Kota Paris


Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengatakan pemerintah kota itu akan menyumbangkan 50 juta euro (Rp794 miliar)

Otoritas Ile de France


Valerie Pecresse, kepala otoritas regional Ile de France yang mencakup Paris, menjanjikan 10 juta euro (Rp158 miliar).

Wilayah Auvergne-Rhone Alpes


Pemerintah daerah ini menyumbangkan 2 juta euro (Rp31 miliar).

Bank Sentral Eropa


Pihak bank mengatakan akan menyumbangkan 9 juta euro (Rp143 miliar).

Capgemini


Grup layanan IT ini menyumbang 1 juta euro (Rp15 miliar).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4141 seconds (0.1#10.140)