Bagaimana Warga Rafah Membantu Pejuang Palestina Melawan Tentara Israel?

Kamis, 13 Juni 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A

Menyediakan Baterai

Bagaimana Warga Rafah Membantu Pejuang Palestina Melawan Tentara Israel?

Foto/AP

Sementara itu, Maryam, seorang wanita Palestina yang tinggal di Rafah, meninggalkan tiga baterai portabel kecil dengan beberapa lampu LED di rumahnya jika pejuang Palestina membutuhkannya ketika mereka memasuki rumah.

Seorang ibu dari tujuh anak, Maryam mengatakan kepada TNA, “Meskipun kami adalah warga sipil, pemboman Israel terhadap sebuah masjid di sebelah kami menewaskan tiga putra saya (…) Kami semua berada di bawah serangan Israel, dan kami semua harus membalas dendam pada para penjahat ini dengan segala cara yang tersedia bagi kita."

“Saya telah melihat di banyak video yang diterbitkan oleh kelompok perlawanan bahwa para pejuang menggunakan baterai kecil dalam operasi peluncuran roket, jadi saya khawatir kelompok perlawanan mungkin membutuhkannya jika mereka memasuki rumah saya,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, seharusnya tidak ada perbedaan antara pria dan wanita di Gaza ketika menghadapi “musuh Israel”. “Semua orang tahu apa yang harus mereka lakukan untuk melawannya, dan jika bukan dengan senjata, maka itu adalah dengan membantu para pejuang dan memfasilitasi misi lapangan mereka,” katanya.

“Saya tahu betul bahwa jika kami adalah orang-orang yang memiliki senjata, tentara Israel tidak akan mampu menembus satu sentimeter pun ke Gaza karena kami hanya akan mengubah tanah kami menjadi kuburan untuk menguburkan mereka yang meninggal (…) Ini adalah sah kami. hak untuk membela diri dan tanah kami melawan tentara pendudukan kriminal,” ungkapnya.

Dalam hukum internasional, khususnya menurut Konvensi Jenewa Ketiga tahun 1949 dan Protokol Tambahan I tahun 1977, terdapat perbedaan yang jelas antara warga sipil dan kombatan. Oleh karena itu, “orang sipil” adalah “setiap individu yang bukan anggota angkatan bersenjata” dan dengan demikian diberikan perlindungan dari bahaya perang.

Meskipun ada klaim dari Israel bahwa “tidak ada warga sipil yang tidak bersalah di Gaza”, hukum internasional menekankan “kehadiran, dalam populasi sipil, individu-individu terisolasi yang tidak termasuk dalam definisi warga sipil tidak akan menghilangkan hak warga sipil dari seluruh populasi. sifat atau perlindungan yang menjadi haknya”.

Selain itu, konvensi-konvensi yang relevan menekankan bahwa pada saat ketika warga sipil dapat mengambil bagian dalam permusuhan tanpa secara resmi menjadi anggota angkatan bersenjata reguler mana pun dalam konteks wilayah pendudukan atau konflik bersenjata internal, status mereka tetap sebagai warga sipil meskipun mereka secara langsung berpartisipasi dalam permusuhan. tetapi untuk sementara kehilangan perlindungan selama partisipasi langsung.

Tidak Berpartisipasi Langsung dalam Konflik Bersenjata

Bagaimana Warga Rafah Membantu Pejuang Palestina Melawan Tentara Israel?

Foto/AP

Tindakan seperti meninggalkan makanan, air, dana dan bahan tidak mematikan lainnya kepada kombatan bukan merupakan “partisipasi langsung” dalam konflik bersenjata dan warga sipil yang melakukan hal tersebut tidak kehilangan status atau perlindungan yang menjadi hak mereka.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2195 seconds (0.1#10.140)
pixels