Mahathir Mohammad: Saya Tidak Korupsi, Sebagian Besar Uangnya Justru Hilang

Rabu, 12 Juni 2024 - 18:04 WIB
loading...
Mahathir Mohammad: Saya Tidak Korupsi, Sebagian Besar Uangnya Justru Hilang
Mahathir Mohammad mengklaim sebagian besar uangnya justru hilang. Foto/Reuters
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad membantah terlibat dalam korupsi. Dia mengatakan bahwa ia memperoleh uang dari gajinya selama karier politiknya selama puluhan tahun. Dia mengakui sebagian besar uangnya “sekarang hilang”.

Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Al Jazeera, Mahathir, yang sedang diselidiki oleh badan antikorupsi negara itu, mengecam Perdana Menteri saat ini Anwar Ibrahim atas pernyataan yang menyiratkan bahwa ia telah menggunakan masa jabatannya untuk memperkaya dirinya dan keluarganya.

“Saya penasaran karena saya belum pernah melihat uang ini dan tidak tahu di mana uang itu berada. Jika saya yang mengambil uang itu, beritahu pengadilan bagaimana Anda [Anwar] menyimpulkan bahwa saya yang mengambil uang itu,” kata Mahathir, 98, yang sedang mengajukan tuntutan pencemaran nama baik sebesar 150 juta ringgit ($32 juta) terhadap anak didiknya yang menjadi saingannya.

Mahathir, yang memimpin Malaysia dari tahun 1981 hingga 2003 dan kembali dari tahun 2018 hingga 2020, mengatakan dia bersedia pergi ke Swiss bersama Anwar untuk mencari bank tempat dia bisa menyimpan uangnya.

“Jika kita bisa menemukan bank seperti itu, saya akan menarik 100 persen uangnya dan memberikannya kepada orang Melayu,” kata Mahathir.

Mahathir juga menuduh Anwar mengincar dua putra sulungnya, Mirzan Mahathir dan Mokhzani Mahathir.

Anwar, yang menjabat sebagai wakil Mahathir pada tahun 1990an, membantah menargetkan saingan politiknya dan mengatakan dia tidak melakukan intervensi dalam proses hukum.

“Seperti yang dia [Anwar] katakan, dia punya file, kotak, dokumen yang menunjukkan saya telah mengambil uang. Tunjukkan, jika Anda memiliki kotaknya, tunjukkan. Namun sampai saat ini, dia belum memperlihatkan [kotaknya]. Sebaliknya, dia mencoba untuk mengabaikan hal tersebut dan sekarang, dia mengejar anak-anak saya, Mokhzani dan Mirzan,” kata Mahathir.

Pada bulan Januari, Komisi Anti Korupsi Malaysia (MACC) memerintahkan Mirzan Mahathir dan Mokhzani Mahathir untuk melaporkan aset mereka sebagai bagian dari penyelidikan yang dipicu oleh kebocoran Pandora dan Panama Papers.

Badan antikorupsi pada bulan April mengkonfirmasi bahwa mereka sedang menyelidiki Mahathir sebagai bagian dari penyelidikan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6161 seconds (0.1#10.140)
pixels