Kota Hantu Terus Bermunculan di Meksiko karena Kekejaman Kartel Narkoba

Rabu, 12 Juni 2024 - 16:17 WIB
loading...
A A A
Banyak komunitas Meksiko telah menjadi kota hantu karena orang-orang mencari perlindungan dari kekerasan geng dengan mengajukan permohonan suaka ke Amerika Serikat.

Meskipun pemerintah bersikukuh bahwa kekerasan di Tila disebabkan oleh sengketa tanah setempat, warga setempat mengatakan bahwa kelompok kejahatan terorganisir telah lama memeras mereka dan akan menghukum mereka yang tidak membayar.

“Selama berbulan-bulan, siapa pun yang tidak membayar akan dibunuh,” kata Maria, berbicara dari tempat penampungan di Yajalon, sekitar 30 km jauhnya.

“Mereka mengancam akan merekrut generasi muda, memperkosa perempuan, dan itulah alasan kami pergi.”

Warga melaporkan meningkatnya kekerasan dalam beberapa tahun terakhir, serta peningkatan perdagangan narkoba dan pemerasan.

Presiden terpilih Meksiko Claudia Sheinbaum, yang akan mengambil alih kekuasaan pada bulan Oktober, telah berjanji untuk memerangi pemerasan di negara tersebut, yang merupakan tempat berkembangnya medan pertempuran antara kartel kriminal yang memperdagangkan narkoba sebagian besar ke pasar Amerika.

Meskipun pemerintah AS telah mendorong Meksiko untuk memberantas lebih keras kejahatan narkoba, Meksiko telah menekan AS untuk berbuat lebih banyak guna mencegah senjata api melintasi perbatasan selatannya.

Dulunya relatif tidak tersentuh oleh kekerasan geng, Chiapas kini menjadi lokasi perang wilayah antara Kartel Generasi Baru Jalisco (CJNG) dan Kartel Sinaloa dan semakin banyak orang yang melarikan diri dari kekerasan dan pemerasan.

“Mereka membakar kedua rumah saya,” kata warga Tila lainnya. “Kami menunggu pihak berwenang mengambil tindakan serius.”

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)
pixels