Partai Sayap Kanan Berjaya di Pemilu Uni Eropa, Presiden Prancis Percepat Pemilu

Senin, 10 Juni 2024 - 17:30 WIB
loading...
Partai Sayap Kanan Berjaya di Pemilu Uni Eropa, Presiden Prancis Percepat Pemilu
Prancis segera menggelar pemilu karena kekalahan pada pemilu Uni Eropa. Foto/AP
A A A
LONDON - Keuntungan yang diperoleh kelompok sayap kanan dalam pemungutan suara untuk Parlemen Eropa mendorong Presiden Prancis Emmanuel Macron untuk menyerukan pemilihan umum nasional yang dipercepat dan menambah ketidakpastian pada arah politik Eropa di masa depan.

Meskipun partai-partai tengah, liberal dan Sosialis diperkirakan akan mempertahankan mayoritas di parlemen yang mempunyai 720 kursi, pemungutan suara tersebut memberikan pukulan telak bagi para pemimpin Perancis dan Jerman, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana negara-negara besar di Uni Eropa dapat mendorong kebijakan di negara-negara tersebut. blok.

Membuat pertaruhan berisiko untuk mencoba membangun kembali otoritasnya, Macron mengadakan pemilihan parlemen, dengan putaran pertama pada tanggal 30 Juni.

Seperti Macron, Kanselir Jerman Olaf Scholz juga mengalami malam yang menyakitkan ketika Partai Sosial Demokrat yang dipimpinnya meraih hasil terburuk, menderita di tangan kelompok konservatif arus utama dan kelompok sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD).

Sementara itu, Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni melihat posisinya diperkuat oleh kelompok konservatifnya, Brothers of Italy, yang memenangkan suara terbanyak, menurut jajak pendapat.

Pergeseran ke arah sayap kanan dalam Parlemen Eropa mungkin akan mempersulit pengesahan undang-undang baru yang mungkin diperlukan untuk menanggapi tantangan keamanan, dampak perubahan iklim, atau persaingan industri dari Tiongkok dan Amerika Serikat.

Namun, seberapa besar pengaruh partai-partai nasionalis yang skeptis terhadap Euro akan bergantung pada kemampuan mereka untuk mengatasi perbedaan dan bekerja sama. Mereka saat ini terpecah menjadi dua keluarga yang berbeda, dan beberapa partai serta anggota parlemen saat ini berada di luar kelompok tersebut.

Partai Rakyat Eropa (EPP) yang berhaluan kanan-tengah akan menjadi keluarga politik terbesar di badan legislatif baru, memperoleh lima kursi dari 189 wakil, menurut jajak pendapat terpusat.

Di Polandia, Koalisi Sipil yang berhaluan tengah pimpinan Perdana Menteri Donald Tusk, yang merupakan anggota EPP, diperkirakan akan memenangkan pemungutan suara di Eropa. Di Spanyol juga, Partai Rakyat yang berhaluan kanan-tengah, yang juga merupakan bagian dari EPP, menduduki posisi teratas, mengungguli Perdana Menteri Sosialis Pedro Sanchez.

Hasil tersebut merupakan kabar baik bagi anggota EPP Ursula von der Leyen yang mengincar masa jabatan lima tahun kedua untuk memimpin badan eksekutif UE yang kuat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1972 seconds (0.1#10.140)
pixels